Jokowi tegur Kepala Bappenas

Pemerintah targetkan pemindahan Ibu Kota Indonesia dimulai 2018
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro. (Kompas)

Bogor (KANALACEH.COM) – Presiden Joko Widodo menegur Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro dalam rapat terbatas di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/1).

Dalam rapat yang membahas integrasi perencanaan dan penganggaran demi optimalisasi pembangunan nasional itu, Jokowi meminta Bappenas tidak boleh lagi mengedepankan ego sektoral.

“Bongkar penyakit ego sektoral, cara berpikir yang terkotak -kotak, yang akan memperlambat proses,” ujar Jokowi saat membuka rapat.

“Bappenas juga tidak boleh lagi terperangkap gaya sektoral atau bahkan perpanjangan tangan dari sektoral,” lanjut dia.

Jokowi menegaskan bahwa Bappenas harus betul-betul menjaga keberlangsungan program prioritas dengan prinsip ‘money follow program’.

Bersama Kementerian Keuangan, Bappenas juga diminta untuk turut serta menyederhanakan proses perencanaan dan penganggaran yang rumit dan bertele-tele.

“Bangun komunikasi lintas kementerian dan lembaga, lakukan pengembangan sistem informasi berbasis informasi teknologi untuk mendukung proses perencanaan anggaran yang kita ingin semuanya terintegrasi,” ujar Jokowi. [Kompas]

Related posts