Bendera bulan bintang dikampanye Mualem-TA Khalid

Bendera Bulan Bintang Dikampanye Mualem-TA Khalid
Bendera bulan bintang terpasang di depan sebuah mobil truck yang mengangkut sejumlah orang saat dihelatnya kampanye akbar. (Kanal Aceh/Erza)

Aceh Timur (KANALACEH.COM) – Lambang bendera bulan bintang yang identik dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) terpasang di depan sebuah mobil truck yang mengangkut sejumlah orang saat dihelatnya kampanye akbar pasangan calon gubernur/wakil gubernur Aceh nomor urut lima, Muzakir Manaf-TA Khalid dan calon Bupati Wakil Bupati Aceh Timur nomor urut dua, Hasballah M Thaib-Syahrul Bin Syama’un di lapangan pusat pemerintahan Desa Titi BaroKecamatan Idi Rayeuk, Senin (6/2) .

Truck tersebut tampak mengangkut peserta kampanye yang berasal dari KPA/PA Sagoe Pentagon.  Penampakan lambang/bendera GAM tersebut, terlihat saat iringan konvoi peserta kampanye sebelum masuk wilayah Peureulak.

“Kami lihat ada bendera GAM itu, terus hubungi kepolisian agar bisa dilakukan tindakan sesuai prosedur yang ada,” ujar Malik (39 tahun), warga Desa Kemuning Kecamatan Peureulak Kota.

Menurutnya, bendera/lambang GAM tidak ada kaitannya dengan gelaran kampanye Partai Aceh. Bila ada simbol-simbol demkian harus segera ditertibkan karena tidak ada relevansinya.

Diakui Malik, dirinya tidak mengetahui motif KPA/PA Sagoe Pentagon memasang bendera GAM di depan mobil truck yang mengangkut massa kampanye tersebut.

Padahal, kata dia, pengibaran bendera bulan bintang masih menjadi polemik dan dilarang, lantaran belum mendapat persetujuan dari Pemerintah Pusat, kendati sudah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) beberapa waktu lalu.

Bila masih ada pengibaran bendera dan munculnya simbol-simbol GAM, Malik menilai perdamaian Aceh melalui MoU Helsinki belum terwujud. “Ini menunjukan embrio GAM masih terus ada,” katanya.

Berdasarkan pantauan awak media, iring-iringan mobil yang bergerak dari arah Bayeun menuju Idi, terdapat beberapa bentuk yang menyematkan simbol-simbol GAM dikenderaan mereka.

Namun, aparat kepolisian dengan sigap menertibkan lambang-lambang itu. Satu persatu mobil yang terdapat bendera GAM di bagian depan maupun bagian lain kenderaannya dibuka aparat kepolisian tanpa ada perlawanan berarti.

Sementara, di lokasi kampanye tampak massa pendukung Mualem-TA Khalid dan Rocky-Linud mengibarkan bendera bulanbintang. Namun sayang, tak ada tindakan apapun yang dilakukan pihak terkait terhadap hal yang melanggar ini. [Erza]

Related posts