Ini perbedaan Aceh dan Papua menurut Kapolri

Ini perbedaan Aceh dan Papua menurut Kapolri
Kapolri Jendral Tito Karnavian mengisi kuliah umum dan orasi kebangsaan di gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Jumat (17/2). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kapolri jendral Tito Karnavian menyebutnya Aceh merupakan daerah Aceh jauh berbeda dengan Papua. Hal itu disebabkan Aceh mempunyai peradaban yang tinggi.

“Aceh pernah ada kerajaan dulunya berbeda dengan Papua,” kata Tito di depan ribuan mahasiswa Unsyiah saat mengisi kuliah umum dan orasi kebangsaan di gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Jumat (17/2).

Menurut Tito Aceh memiliki sumber daya manusia yang tinggi, hal tersebut disebabkan karena Aceh pernah ada kerajaan besar hingga menjadi puncak kejayaan dulunya. “Aceh luar biasa punya SDMnya,” katanya.

Dan itulah, sambungnya, yang membedakan Aceh dengan Papua, Tito mencontohkan bahwa daerah yang memiliki peradaban tinggi ialah daerah yang manusianya sudah memiliki sikap lebih baik.

“Puncak kejayaannya Aceh sudah dari dulu, tingginya peradaban Aceh sudah ada dari dulu, berpakaiaannya Aceh juga bisa kita lihat,” katanya.

Oleh karena itu, Tito menilai tantangan Aceh dan Papua jauh berbeda.
Selain itu kata Tito, Aceh merupakan pendorong penting bagi lahirnya Indonesia.

“Tidak bisa kita hindari, pesawat seulawah satu dan dua itu hasil dari rakyat Aceh, untuk kemerdekaan Indonesia,” katanya. [Fahzian Aldevan]

Related posts