Publikasi data KPU ciptakan instabilitas Aceh

KPU: data Real Count bukan hasil akhir
screenshot publikasi KPU di portal resmi KPU.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tim advokasi Parta Aceh, Hendra Fadli meminta KPU untuk menghentikan sementara publikasi data perolehan suara pasangan calon di situs tersebut.

Mengingat data yang dipublikasi itu bukan merupakan informasi awal atau bukan data final hasil pleno KIP kabupaten/Kota ataupun KIP Aceh.

Pengalaman membuktikan situs KPU juga rawan diretas, selain juga terdapat beberapa kali kesalahan entri data oleh staf KPU seperti yang terjadi dalam kasus Jakarta.

“Kami meragukan data KPU tidak murni berpegag pada C1. Kalaupun benar maka kami minta KPU juga ikut melampirkan hasil scane setiap form C1 di website resmi itu. Sehingga semua pihak bisa melalukan verifikasi setiap publikasi data KPU,” kata Hendra Fadli dalam rilis yang diterima kanalaceh.com, Minggu (19/2).

Ia berpendapat, sejauh ini KPU hanya menciptakan keserahan dan semakin tajamnya perseteruan antar pendukung di Aceh. “Kami mengkhawatirkan situasi ini akan mengarah pada kekacauan di Aceh,” ujarnya.

Maka dari itu pihaknya meminta kepada KPU untuk menghentikan publikasi data di situs resminya itu. Kemudian sembari menunggh hasil Pleno KIP Kabupaten Kota dan KIP Aceh. Jika tidak,kata dia, maka KPU harus bertanggunghawab kalau keadaan keamanan Aceh menjadi buruk. [Randi/rel]

Related posts