Hari ini, Operasi Simpatik dimulai

Hari ini, Operasi Simpatik dimulai
Ilustrasi razia lalu lintas (Antara Foto)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Jajaran Polres Lhokseumawe menggelar operasi simpatik mulai hari ini Rabu (1/3) hingga selasa (21/3) di wilayah hukum Polres Lhokseumawe.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman melalui Kabag Ops Kompol Ahzan membenarkan hal tersebut.

“Insyaallah besok (hari ini,red) tanggal 1 Maret 2017, kita akan mulai dengan upacara gelar pasukan di Mapolres. Operasi Simpatik lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif kepada masyarakat, operasi ini akan berakhir tanggal 21 Maret 2017,” katanya kepada wartawan, Selasa (28/2).

Meski mengedepankan upaya preemtif dan preventif, operasi ini juga akan didukung dengan penegakan hukum pengendera melanggar lalu lintas.

Hal ini, katanya, bertujuan untuk mewujudkan polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat di bidang Kamseltibcar lalu lintas.

“Operasi Simpatik lebih mengedepankan preemtif dan preventif namun didukung dengan upaya penegakan hukum,” tambah Kompol Ahzan.

Dia menambahkan, ada dua sasaran dalam operasi kali ini. Selain di jalan, operasi simpatik juga akan menyasar di beberapa tempat seperti sekolah dan perkantoran.

“Seperti di sekolah kita akan kedepankan edukasi tentang sosialisasi pentingnya disiplin berlalu lintas,” ungkapnya

Untuk operasi di jalan anggota akan menggelar operasi stasioner dan hunting. “Jadi akan lebih banyak teguran ketimbang penilangan,” ujarnya.

Operasi kepolisian ini melibatkan sekitar 40 personil, karena Operasi Simpatik 2017 lintas satuan, dilibatkan unsur unsur di luar satuan lalu lintas di antaranya Binmas, Sabhara dan fungsi lainnya. [Rajali Samidan]

Related posts