2020, Pemerintah akan matikan jaringan 2G

ilustrasi. (shnet.com)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kehadiran smartphone 4G yang semakin murah dan perkembangan broadband yang semakin merata semakin memantapkan pemerintah untuk mematikan jaringan 2G. Rencana tersebut diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.

Usai menghadiri acara peluncuran BNVLabs, Rudiantara memperkirakan pada 2020, jaringan 2G akan mati. Meskipun demikian, ia mengaku bahwa pemerintah tidak akan bertindak dengan gegabah dalam menjalankan rencana ini

“Intinya harus bertahap. Pada 2019, Palapa Ring selesai menjangkau seluruh kabupaten di Indonesia dan smartphone 4G akan semakin murah. Paling lama 2020,” ujar menteri yang kerap disapa Chief RA tersebut.

Rudiantara mengungkapkan bahwa ada sekira 30% dari 170 juta pengguna ponsel di Indonesia yang masih menggunakan ponsel 2G. Dengan jumlah sebanyak itu, tentunya pemerintah tidak bisa terburu-buru dalam mengeksekusi rencana kontroversial ini.

Namun, ia mengaku optimis bahwa masyarakat secara perlahan akan meninggalkan 2G. Untuk itu, ia bersama seluruh jajarannya akan berusaha keras menciptakan ekosistem 4G yang merata di seluruh tanah air.

“Kalau ekosistem 4G sudah merata di Indonesia, masyarakat tidak akan merasa berat untuk pindah jaringan,” ucapnya. [Okezone]

Related posts