Kembali ukir sejarah, Presiden Sri Lanka kunjungi Indonesia setelah 41 tahun

Kembali ukir sejarah, Presiden Sri Lanka kunjungi Indonesia setelah 41 tahun
Presiden Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka, Yang Mulia Tuan Maithripala Sirisena disambut Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/3). (Okezone)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Presiden Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka, Yang Mulia Tuan Maithripala Sirisena, hari ini berkunjung ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun dilakukan dan turut didampingi oleh jajaran Menteri Kabinet Kerja.

Menurut Jokowi, kunjungan kali ini adalah salah satu kunjungan bersejarah bagi Indonesia. Pasalnya, kunjungan terakhir dilakukan sekira 41 tahun yang lalu. Kala itu, Presiden Indonesia masih dijabat oleh Soeharto.

“Senang hari ini dapat menerima kunjungan Presiden Maithripala Sirisena di Jakarta. Kunjungan kenegaraan ini merupakan kunjungan pertama kali Presiden Sirisena ke Indonesia dan kunjungan bersejarah sejak kunjungan terakhir 41 tahun yang lalu,” tutur Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/3).

Kunjungan ini juga menjadi salah satu kunjungan spesial bagi kedua negara. Pasalnya, pada tahun ini hubungan diplomatik Indonesia dan Sri Lanka tepat berusia 65 tahun.

“Kunjungan ini menjadi lebih khusus karena tahun ini adalah 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Sri Lanka,” imbuhnya.

Dengan kunjungan ini, masa pemerintahan Presiden Joko Widodo telah mengukir 3 sejarah penting sepanjang bulan Maret ini.

Pertama, Jokowi menerima kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud pada tanggal 1 Maret lalu. Kunjungan ini menjadi bersejarah karena selama 47 tahun Raja Arab tidak melakukan kunjungan ke Indonesia.

Tak hanya itu, Indonesia juga menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) pada tanggal 5 hingga 7 Maret. KTT ini untuk pertama kalinya diadakan setelah 20 tahun IORA berdiri. [Okezone]

Related posts