Harapan Raja Salman usai 12 hari di Indonesia

Harapan Raja Salman usai 12 hari di Indonesia
Raja Salman (foto: Thomson/Reuters)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kurang lebih sekitar 60 menit atau pukul 08.30 – 09.30 WIB, Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkomunikasi dengan Raja Salman bin Abdulaziz al Saud via telepon. Komunikasi tersebut terkait keberangkatan Raja Salman dan rombongan yang akan melanjutkan kunjungan kenegaraan ke Jepang.

Dalam pembicaraan melalui telepon tersebut, seperti disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi kepada Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden menyampaikan selamat jalan.

“Terima kasih atas kunjungan Raja dan delegasi,” ucap Presiden Jokowi seperti disampaikan (Menlu) Retno, Minggu (12/3/2017).

Dalam dua bulan ini, ia menambahkan, Presiden Jokowi akan mengutus menteri terkait untuk merealisasikan hasil kunjungan Raja Salman ke Indonesia.

Sementara itu, Raja Salman menyampaikan apresiasi atas sambutan hangat yang diberikan pemerintah dan masyarakat Indonesia. Raja Salam dan rombongan, ia mengungkapkan, merasa gembira selama berada Indonesia.

“Raja berharap saling mengunjungi, baik pihak pemerintah dan swasta dari kedua negara dapat diintensifkan,” ucap Retno.

Menjelang keberangkatan pada pukul 11.13 WITA, Raja Salman menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di St Regis Hotel Bali.

Dalam pertemuan itu, Raja Salman mengulangi pesan yang telah disampaikan kepada Presiden mengenai pentingnya peningkatan kerja sama terutama saling mengunjungi baik dari pihak pemerintah maupun swasta guna menindaklanjuti hasil kunjungan Raja Salman ke Indonesia.

“Menurut Raja Salman, sebagai dua negara dengan ekonomi yang terbuka, tentunya akan lebih mudah bagi kedua negara untuk meningkatkan kerja sama ekonomi,” ucap Retno.

Raja Salman berada di Indonesia sejak 1 Maret hingga 12 Maret 2017. Setelah melakukan kunjungan kenegaraan pada 1 Maret hingga 3 Maret 2017 di Bogor dan Jakarta, Raja Salman meninggalkan Jakarta untuk berlibur di Bali sejak 4 Maret hingga 12 Maret 2017.

“Pada hari ini, Minggu 12 Maret 2017 pukul 11.13 WITA, pesawat yang membawa Raja Salman dan rombongan menuju Jepang melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali,” ucap Retno.

Turut mengantarkan keberangkatan Raja Salman menuju Jepang, Menlu Retno Marsudi, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika dan Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andri Hadi. [Liputan6]

Related posts