Ini penjelasan FUI terkait makna dibalik aksi 313

Massa aksi 212 jilid dua datang ke DPR pukul 08.00 WIB
Ilustrasi. Aksi 212 di Monas pada 2 Desember 2016. (Antara)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Forum Umat Islam (FUI) akan menggelar aksi damai 31 Maret 2017 besok. Ada makna dibalik aksi damai tersebut dinamai aksi 313 yang akan diikuti ribuan umat muslim.

Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath mengatakan, aksi 313 akan diawali salat Jumat dan long march ke Istana Merdeka menuntut Presiden Joko Widodo memberi kejelasan hukum terhadap terdakwa penista agama Basuki T Purnama (Ahok). Menurutnya, makna angka 313 seperti jumlah pasukan yang dipimpin Rasulullah  sewaktu perang Badar sebagaimana tercantum di dalam Alquran surat Ali Imran ayat 13.

Adapun bunyi ayat Surat Ali Imran ayat 13 yakni,; Sungguh, telah ada tanda bagi kamu pada dua golongan yang berhadap-hadapan. Satu golongan berperang di jalan Allah dan yang lain (golongan) kafir yang melihat dengan mata kepala, bahwa mereka (golongan muslim) dua kali lipat mereka. Allah menguatkan dengan pertolongan-Nya bagi siapa yang Dia kehendaki. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan (mata hati).”

“Dalam persepktif  Islam 313 menarik, karena angka persis dengan 313 pasukan perang Badar yang dipimpin Rasulullah. Itu diabadikan oleh Allah  SWT di dalam surat dan ayat al Imran Surat 3, jadi 313,” ujar Khaththath di Masjid Baiturrahman, Jalan Saharjo, Jakarta Selatan, Kamis (30/3).

Meskipun begitu, Khaththath mengajak umat Islam untuk ikut merasakan aksi 313 seperti tercantum dalam Surat Al Imran ayat 13. “Kami menyeru kepada umat Islam, mari kita merasakan yaitu surat 3 ayat 13. Kita memohon ampun peserta aksi dapat pertolongan Allah sebagaimana dulu ketika pasukan Badar mendapat pertolongan Allah  SWT,” jelasnya.

Aksi 313 rencananya akan dihadiri ribuan jamaah. Selain itu para ulama, habaib dan tokoh nasional akan ikut bergabung menyuarakan aspirasi di depan Istana Merdeka.

Sebelum dilaksanakan long march dari Masjid Istiqlal, melewati jalan Merdeka Timur, Kedutaan Besar Amerika Serikat, Balai Kota, Jalan Merdeka Barat dan  berakhir di depan Istana Merdeka.

Related posts