Aparat musnahkan ganja yang ditemukan di Ie Suum

Aparat musnahkan ganja yang ditemukan di Ie Suum
Kapolresta Banda Aceh, BNN, dan Dandim 0101/BS memusnahkan ganja di halaman Mapolresta Banda Aceh, Jumat (31/3). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ladang ganja seluas 4 hektare yang berhasil ditemukan oleh aparat keamanan di pemukiman Ie Suum, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh pada bulan Januari lalu kini dimusnahkan dengan cara dibakar di halaman Mapolresta Banda Aceh, Jumat (31/3).

Ganja yang dimusnahkan itu ialah barang bukti yang disita polisi sebanyak 175 batang dan 39 Kg. Dimana sebelumnya pihak kepolisian dan Kodim 0101/BS memusnahkan sekira 4.000 batang ganja di lokasi ditemukannya ladang ganja tersebut.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol T Saladin mengatakan, pihaknya masih memburu tiga tersangka lainnya yang ikut dalam penanaman ganja itu. Sementara, kata dia, dua tersangka yang menanam ganja tersebut sudah diamankan.

“Tersangkanya ada lima, empat penjaga kebun diantaranya dua yang sudah ditangkap dua lagi masuk DPO beserta satu orang pemilik lahan ganja tersebut,” ujarnya usai pemusnahan ganja itu.

Sementara, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, Brigjend Pol Eldi Azwar mengapresiasi langkah Polresta dan Kodim dalam hal mengungkap ladang ganja serta pelakunya.

Dikatakannya, hal ini baru pertama kali terjadi. Dimana, penggrebekan ladang ganja beserta menangkap pelakunya. “Baru ini ladang ganja terungkap sama pelakunya, selama ini tidak,” katanya.

Pihaknya saat ini sedang gencar memantau peredaran gelap narkoba di Aceh. Kata Eldi, dalam pemantauan itu pihaknya sudah memiliki dua strategi khusus diantaranya, melaksanakan pencegahan dan pemberantasan.

“Pencegahan sudah kita laksanakan seperti sosialisasi dari sekolah hingga instansi dan pemberantasan kita tetap mengatakan perang terhadap narkoba,” katanya.

Untuk itu ia berharap Aceh bisa bersih terhadap narkoba dengan cara seluruh masyarakat dan instansi bahu-membahu untuk memberantas narkoba. [Randi]

Related posts