Sah, Irwandi - Nova Pimpin Aceh
Komisioner KIP Aceh menyerahkan hasil rapat pleno penetapan kepada Wakil Gubernur Aceh terpilih ,Nova Iriansyah, di hotel Hermes Banda Aceh, Jumat (7/4). (Kanal Aceh/Randi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – KIP Aceh menetapkan pasangan Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh terpilih untuk periode 2017-2022, setelah KIP menggelar rapat pleno penetapan di Hotel Hermes Banda Aceh, Jumat (7/4).

“Menetapkan pasangan gubernur Aceh terpilih ialah Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah dengan perolehan 898.710 suara, ” kata Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi sembari mengetuk Palu sidang.

Setelah ditetapkan, pihaknya akan menyerahkan penetapan itu dan seluruh dokumen ke DPR Aceh. “Dalam jangka 5 hari, DPRA harus mengesahkan dan meneruskan ke Presiden lewat Mendagri,” ujarnya.

Ads

Sebelumnya, dalam rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh KIP Aceh 25 Februari lalu, Irwandi – Nova memperoleh 898.710 suara. Sementara Muzakkir Manaf – TA Khalid meraup suara kedua terbanyak, yakni 766.427 suara.

Selain itu, pada penetapan ini juga  dikawal sebanyak 444 Personel kepolisian dan 60 personel TNI.

Wakil Gubernur terpilih, Nova Iriansyah mengatakan rasa terimakasihnya kepada masyarakat Aceh yang sudah menunjukkan dukungannya.

Ia akan melanjutkan apa yang menjadi prioritas masyarakat saat ini. “Seperti kesehatan, pendidikan dan keluhan masyarakat selama ini akan kita tampung, ” ujarnya.

Dalam penetapan tersebut juga dihadiri oleh unsur Forkopimda, anggota DPR Aceh dan Parpol pendukung pasangan irwandi Yusuf – Nova Iriansyah. Namun, Gubernur terpilih, Irwandi Yusuf tidak hadir. “Beliau lagi kunjungan ke beberapa Negara untuk menjelaskan bahwa Pilkada di Aceh berjalan damai, “ujar Wagub terpilih, Nova Iriansyah. [Randi]

Ads