Penutupan AKKES Aceh Utara, Ketua Komisi VI: Bukan solusi

Penutupan AKKES Aceh Utara, Ketua Komisi VI: Bukan solusi
Ketua Komisi VI DPRA, Iskandar Daod. (Portalsatu)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Rencana Pemerintah Kabupaten Aceh Utara untuk menutup kampus Akademi Kesehatan (AKKES) ditanggapi serius oleh Ketua Komisi VI DPR Aceh yang membidangi kesehatan dan kesejahteraan, Iskandar Daod.

Ia menilai penutupan AKKES sebagai lembaga pendidikan bukan solusi bagi pemerintah setempat. Iskandar berpendapat masih ada cara lain yang harus dilakukan sehingga penutupan ini tidak terjadi.

Dalam waktu dekat ini, kata dia, Komisi VI akan berkunjung ke Aceh Utara untuk berkordinasi dengan pihak terkait. “Kami di DPRA akan mendorong untuk mencarikan solusi bagi keputusan seperti ini,” katanya.

Tuntutan mahasiswa agar tidak menutup kampus AKKES juga didukung oleh Komisi VI. Kata Iskandar, hal itu tidak boleh terjadi di dalam merosotnya pendidikan di Aceh.

“Kita mendukung ini. Tidak boleh ada penutupan sekolah,” tegasnya.

Sebelumnya, puluhan mahasiswa AKKES dari Aceh Utara mengadukan perihal ini ke DPRA agar kampus kebanggaan mereka tidak dialihkan dan ditutup.

“Kami sangat menyesali keputusan pemerintah yang memilih opsi ketiga (membuat UPTD dan menutup AKKES),” kata kordinator Aksi Said Muhammad.

Untuk itu pihaknya meminta kepada DPRA untuk proaktif menolak keputusan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara tersebut dan mendesak DPRK Aceh Utara untuk membentuk pansus guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi di AKKES.

“Kami ingin keberlangsungan AKKES sebagai institusi pendidikan secara berkelanjutan,” ujarnya. [Randi]

Related posts