Peserta Sabang Marine 2017 mulai berdatangan

Peserta Sabang Marine mulai berdatangan
Ilustrasi - Kapal layar wisata (yacht). (Antara Foto)

Sabang (KANALACEH.COM) – Sedikitnya 14 kapal layar wisata (Yacht), Senin (17/4) mulai tiba di Pelabuhan Balohan Sabang dan sedang melakukan proses registrasi dengan tim CIQP (Karantina, Bea dan Cukai, Imigrasi serta Syahbandar-red).

Kedatangan kapal layar wisata tersebut dalam rangka menyukseskan hari pembukaan Sabang Marine Festival yang berlangsung pada Jum’at (21/4).

Ke 14 kapal tersebut masing-masing, Kiwi Dream, Roke, Saltire, Aku Ankka, Katy DID, Drifter, Emalina, Rest Less. Wairima, Astarte, Timshal, Torapa, Morning Star, Captain Jack dan Mariposa dengan jumlah turis 40 orang.

“Peserta berasal dari berbagai negara seperti Inggris, Amerika, Netherland, Australia, New Zealand, France dan Jerman,” ujar Ketua Panita Sabang Marine Festival 2017, Fauzi Umar.

Dikatakannya, pada tahun ini pihak penyelenggara memprediksikan peserta Sabang Marine 2017 akan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kita perkirakan jumlah ini akan terus bertambah, kita tunggu kedatangan kapal-kapal lain. Tahun lalu ada 20 peserta, tahun ini yang mendaftar 36 yacht sudah konfirmasi dan mereka akan tiba dalam beberapa hari ini sebagaimana yang telah dijadwalkan,” ujar Fauzi.

Menyangkut dengan rangkaian kegiatan, Fauzi menjelaskan kegiatan Sabang Marine Festival akan dirangkai dalam berbagai kegiatan seperti permainan rakyat (bakiak, balap karung, tarik tambang, panjat pinang-red), lomba dayung, para motor serta hiburan lainya.

“Semua kegiatan ini akan dilaksanakan sejak 19-23 April mendatang. Kita harapkan para peserta dari luar negeri ini dapat berbaur dengan masyarakat untuk mengikuti lomba-lomba rakyat yang kita laksanakan,” harapnya.

Selain itu, Deputi Komersial dan Investasi, Syafrudin Chan mengatakan, kegiatan ini dalam rangka untuk memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Sabang pada dunia internasional dan juga memperkenalkan dermaga “Marina Lhok Weng” kepada komunitas pelayar dunia.

“Disamping juga untuk menambah angka kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia, menjadikan Sabang sebagai destinasi tujuan wisata yacht dalam rangka meningkatkan devisa negara serta membuka lapangan kerja pada masyarakat pencari kerja sektor pariwisata,” jelas Fauzi. [Diki Arjuna]

Related posts