Paskibraka tingkat Aceh diseleksi

Paskibraka tingkat Aceh diseleksi
Seleksi anggota Paskibraka tingkat Provinsi Aceh, Kamis (20/4). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Komando Rayon Militer 0101/BS bersama Dinas Pendidikan dan Olah Raga (DISPORA) Provinsi Aceh mengadakan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2017 di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis (20/4).

Seleksi Paskibraka tersebut melibatkan 17 pelatih yang dipimpin langsung Komandan Regu (Danru) Provos Kodim 0101/BS Sersan Dua Bhudi Mulyadi.

Serda Bhudi mengatakan, kegiatan seleksi ini bertujuan untuk mencari putra-putri terbaik untuk mewakili Provinsi Aceh sebagai Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Repubik Indonesia ke-72 di Istana Negara pada 17 Agustus 2017 mendatang.

Ia juga menjelaskan, kegiatan seleksi ini diikuti oleh 43 orang siswa dan siswi dari 23 Kabupaten dan Kota se-Aceh yang terdiri dari 22 orang putra dan 21 orang putri.

“Untuk mewakili Aceh, kita akan mencari yang terbaik dari yang terbaik,” jelas Bhudi yang sudah membina dan melatih Paskibraka Provinsi Aceh sejak tahun 2012 ini.

Ia menjelaskan, untuk materi seleksi meliputi registrasi penerimaan yang sudah dilaksanakan pada Senin 17 April lalu dan dilanjutkan pada Selasa 18 April dengan materi tes kesehatan.

Sedangkan pada Rabu 19 April kemarin seluruh peserta melaksanakan seleksi materi tes ilmu pengetahuan umum, ilmu agama, kesenian, bahasa inggris dan tes psikologi. Sementara hari ini, Kamis 20 April, seluruh peserta mengikuti seleksi dengan materi Tes Kesamaptaan Jasmani.

Tanggal 21 dan 22 April, para peserta akan diuji tentang keterampilannya dalam melaksanakan baris-berbaris, sehingga dari hasil keseluruhan materi seleksi nantinya akan diumumkan pada Sabtu malam, tanggal 22 April 2017.

“Bagi peserta yang nantinya dinyatakan lulus akan diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti tahapan seleksi lanjutan di tingkat pusat,” katanya.

Kemudian, untuk para peserta yang dinyatakan tidak lulus ke tingkat pusat, nantinya secara otomatis mereka akan menjadi Paskibraka di tingkat Provinsi Aceh. [Aidil/rel]

Related posts