Kegiatan Didong Jalu dapat perhatian Pemerintah Aceh Tengah

Kegiatan Didong Jalu dapat perhatian Pemerintah Aceh Tengah
(Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Takengon (Ippemata) Banda Aceh yang bekerjasama dengan UPTD Taman Budaya mengadakan kegiatan Didong Jalu antara Arita Mude dengan Pegasing mendapat perhatian penuh dari Pemerintah Aceh Tengah untuk terus dilestarikan.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Aceh Tengah melalui Kabag Umum Setda Aceh Tengah, Aulia Putra dalam siaran persnya kepada Kanalaceh.com, Minggu (30/4).

“Sebagai orang Gayo, didong sangat penting untuk terus dilestarikan sebagai aset budaya yang sangat tinggi nilainya. Untuk itu mari kita bangkitkan kembali budaya lokal yang masih ada dengan penuh tatakrama, penghormatan,” katanya.

Melalui Majelis Adat Gayo (MAG) Pemerintah Aceh Tengah mengapresiasi kegiatan para leluhur ini untuk terus diadakan dalam acara Gayo khususnya bagi Ippemata sendiri.

“Apalagi di jaman globalisasi sekarang yang sudah terkontasminasi budaya luar atau terpengaruh dengan budaya luar yang masuk memengaruhi adat istiadat nenek moyang kita ini,” ujar Aulia.

Sementara Razikin Akbar selaku Ketua Ippemata dalam sambutannya mengharapkan kepada Dinas Budaya dan Pariwisata Aceh untuk terus melaksanakan kegiatan ini setiap tahunnya.

“Kami meminta kepada Pemerintah Aceh melalui Dinas Budaya dan Pariwisata, agar kegiatan didong ini senantiasa diadakan secara terus menerus,” pinta Razikin.

Untuk diketahui, Ippemata merupakan salah satu paguyuban organisasi yang mewakili Aceh Tengah di Banda Aceh yang berfungsi mengayomi mahasiswa yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar. [Aidil/rel]

Related posts