Eks petinggi KPK akan direkrut jadi ketua satgas dana desa

Gedung KPK. (Tempo)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Mantan petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bibit Samad Rianto akan direkrut menjadi Ketua Satgas Dana Desa. Anggota satgas dana desa juga akan direkrut dari mantan jajaran pegawai KPK.

Diketahui, siang tadi empat Pimpinan KPK bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Dalam diskusi selama satu jam itu mereka membahas tentang banyak hal salah satunya tentang banyaknya laporan pelanggaran dana desa.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengusulkan, agar kepala desa yang melanggar pemakaian dana desa dicopot dari jabatannya. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes) Eko Putro Sandjojo mengaku sangat setuju dengan usulan KPK.

Dia melanjutkan, selama ini hubungan Mendes dengan KPK sangat baik dalam mengawal penggunaan dana desa. Sebab keduanya mempunyai komitmen yang sama untuk mengawal dana desa yang tahun ini saja sudah mencapai Rp60 triliun dan tahun depan naik ke Rp120 triliun.

Tidak hanya mempunyai hubungan baik dengan jajaran KPK saat ini namun Eko mengungkapkan akan merekrut para pimpinan KPK yang lama untuk mengawasi dana desa. Eko mengaku, akan merekrut mantan petinggi KPK Bibit Samad Rianto sebagai Ketua Satgas Dana Desa.

Anggotanya pun katanya, mayoritas akan dari jajaran KPK tersebut. “Saya akan angkat Pak Bibit sebagai ketua satgas dana desa minggu depan. Nanti Pak Bibit akan membawa tim eks KPK,” kata Eko.

Hubungan antara KPK dengan Kemendes memang cukup baik menyangkut dana desa ini. Pada Februari lalu, Kemendes dan KPK melakukan pertemuan di kantor KPK untuk membahas pengawalan dana desa. [Sindo]

Related posts