Jalan Meulaboh-Tutut yang longsor sudah dapat dilalui kendaraan

Jalan Meulaboh-Tutut yang longsor sudah dapat dilalui kendaraan

 

Meulaboh (KANALACEH.COM) – Personel Koramil 01/Sungai Mas Kodim 0105/Abar bersama warga bergerak cepat menangani bencana longsor yang terjadi di Lintasan Jalan Meulaboh-Tutut KM 57,5 tepatnya di Desa Lancong, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat.

Longsor yang terjadi pada Rabu (10/5) malam itu, disebabkan tingginya curah hujan yang turun dalam beberapa hari ke belakangan, sehingga terjadi longsor yang mengakibatkan jalan putus total, kedalaman jalan yang amblas lebih kurang 15 meter mengakibatkan badan jalan yang patah dan amblas total.

Danramil 01/Sungai Mas Kapten Inf Mazwar Asadi AR, Jumat (12/5) mengatakan, saat longsor itu terjadi, anggota Koramil bergerak langsung ke lokasi bersama anggota polsek menyisir lokasi longsor dan memasang police line karena jalan tidak dapat dilintasi baik oleh kendaraan roda empat maupun roda dua.

Di pagi harinya, mereka bersama BPBD dan masyarakat bergotong royong memasang kayu balok, agar jalan dapat dilintasi oleh kendaraan roda dua.

Pembuatan jembatan darurat dari pohon kelapa, agar jalan dapat dilintasi oleh kendaraan roda empat. Selain itu melaksanakan pembersihan dan penimbunan material jalan yang longsor untuk pembuatan jembatan, yang dibantu dibantu dengan satu unit beko.

“Dengan penanganan dan koordinasi yang cepat akhirnya jalan sudah dapat dilalui baik oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat,” jelasnya.

Sementara itu, Dandim 0105/Abar, Letkol Inf Herry Riana Sukma menyatakan akan selalu siap untuk membantu kesulitan masyarakat yang berada di wilayah, apalagi ketika terjadi bencana alam.

“Hal ini sesuai dengan Undang-undang 34 Tahun 2004 tentang TNI Pasal 7 Ayat 2b Operasi Militer Selain Perang (OMSP) membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan, Sehingga tidak ada alasan lagi bagi personil Kodim tidak membantu,” katanya.

Dirinya juga menyatakan, akan terus berkoordinasi dengan Pemda setempat agar segera dilakukan perbaikan jalan tersebut secara permanen, mengingat jalan tersebut merupakan jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Sungai Mas dan daerah lainnya. [Aidil/rel]

Related posts