Dittipidnarkoba Bareskrim musnahkan 16 Ha ladang ganja di Indrapuri

BNN Musnahkan Narkoba yang dikendalikan napi lapas Lhoksukon
ilustrasi. Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Eko Daniyanto membakar ganja yang ditemukan di Desa Mesaleh kecamatan Indrapuri kabupaten Aceh Besar, Senin (15/5). (Kanal Aceh/Randi)

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Direktur Tipid Narkoba Bareskrim Polri memusnahkan sekitar 16 Hektare ladang ganja yang ditemukan di Desa Mesaleh kecamatan Indrapuri kabupaten Aceh Besar, Senin (15/5).

Ladang tersebut tertanam rapi diperbukitan Indrapuri. Rata-rata tinggi pohon sekira 2 – 2,5 meter atau masa siap panen. Pantauan kanalaceh.com yang saat itu dilokasi, 16 hektare tersebut tidak satu tempat melainkan berbeda beda lokasi. Saat pemusnahan itu, sekira 16 Hektare dengan 3 titik.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Eko Daniyanto mengatakan, ladang ganja ini ditanam di pinggiran sungai. “Awalnya kita menemukan 3 hektare, namun kita telusuri ternyata ada berhektare-hektare lagi sepanjang jalur pinggiran aliran sungai, “katanya.

(Kanal Aceh/Randi)

Dikatakannya, para pelaku penanam ganja tersebut akan mencari alur sungai. Ia menyebutkan, penemuan ladang ganja ini hasil pengungkapan kasus tertangkapnya truk yang berisi ganja ratusan kilo pada dua bulan lalu. Ketika dilakukan pengembangan, kata dia, ternyata jaringan tersebut tidak terlepas dari jaringan yang ada di Aceh.

Lanjutnya, penemuan ladang ganja tersebut tidak terlepas berkat kerjasama dengan lembaga penerbangan dan antariksa (Lapan)  yang memonitor setiap titik-titik ladang ganja yang ada di Aceh, khususnya Aceh Besar.

“Karena dari lapan itu kita jadikan sebagai acuan adanya titik-titik dugaan ladang ganja. Itu hanya gambaran awal, nantinya tim yang akan memastikan, “katanya.

Namun, dari ladang ganja seluas itu, aparat keamanan belum menemukan siapa pemilik ladang ganja tersebut. Kata dia, pihaknya akan memburu pelaku disamping akan memusnahkan ladang ganja lainnya yang diduga masih ada di perbukitan Aceh Besar. [Randi]

Related posts