Menteri: Pembangunan gedung baru di Unsyiah dapat tingkatkan kualitas

Menteri: Pembangunan gedung baru Unsyiah dapat tingkatkan kualitas
Menristekdikti, Muhammad Nasir (kanan) melakukan peletakkan batu pertama di area pembangunan gedung baru di Unsyiah, Banda Aceh, Senin (13/5). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Nasir mengharapkan bahwa pembangunan tiga gedung baru di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

“Semoga Unsyiah masuk dalam daftar universitas kelas dunia,” kata Menteri Muhammad Nasir dalam sambutannya usai melakukan ground breaking atau peletakkan batu pertama di area pembangunan tiga gedung baru fakultas yang di Unsyiah, Senin (15/5).

Selain Menteri Muhammad Nasir, peletakan batu pertama itu juga dilakukan oleh Duta Besar Arab Saudi, Osamah bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi, Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal serta konstruktor.

Pembangunan tiga gedung untuk Fakuktas Kedokteran Hewan (FKH), Fakuktas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Keluatan dan Perikanan (FKP) tersebut menghabiskan dana senilai Rp314 miliar.

Muhammad Nasir mengatakan pembangunan ini didanai oleh Saudi Fund for Development (SFD Load) dan Islamic Development Bank (IDB). Pengerjaannya dalam proyek 7 in 1, yaitu tujuh pembangunan di tujuh universitas dalam satu proyek.

Dia menambahkan, target pembangunan gedung baru itu sekitar 16-18 bulan pengerjaannya. Rencananya pembangunan gedung baru itu akan memadukan antara aksen modern, lokal serta bangunan monumental.

“Konsep ini dapat memadukan antara kearifan lokal dengan kemajuan zaman dari segi arsitekturnya,” pungkasnya. [Aidil Saputra]

Related posts