26 Mei, Kemenag Aceh pantau Hilal Ramadhan 1438 H

26 Mei, Kemenag Aceh pantau Hilal Ramadhan 1438 H
Dokumentasi - Memantau Hilal. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H/2017 M, Badan Hisab Rukyat (BHR) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh akan melakukan Rukyatul Hilal awal Ramadhan di Pusat Gedung Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar pada Jum’at (26/5) mendatang.

“Untuk penentuan awal Ramadhan, Kementerian Agama Provinsi Aceh akan memantau Hilal di Pusat Observatium hilal Tgk. Chik Kuta Karang dan hasilnya akan dilaporkan kepada Menteri sebagai bahan pertimbangan dalam Sidang Itsbat,” ujar Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh, Selasa (16/5).

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa pada tahun ini Ramadhan berpotensi dimulai secara bersamaan pada hari Sabtu (27/5). Namun untuk kepastiannya tetap menunggu Sidang Itsbat pemerintah yang dipimpin oleh Menteri Agama pada hari Jum’at (26/5) ba’da Magrib di Jakarta.

Daud Pakeh juga mengatakan bahwa pengamatan hilal nantinya terbuka untuk masyarakat umum, boleh datang siapa saja.

“Acara dimulai dari pukul 17.00 WIB, semua alat yang dibutuhkan untuk pengamatan nantinya akan disiapkan, silahkan datang untuk melihat langsung sebagai pembelajaran, karena pusat Observasi Hilal Aceh selama ini juga dimanfaatkan untuk pembelajaran bagi, Siswa, mahasiswa dan Masyarakat umum,” jelas Daud.

Selain pusat Obs Hilal Aceh di Lhoknga, Daud Pakeh juga mengatakan telah menginstruksikan kepada beberapa Kakankemenag untuk melakukan koordinasi dengan Mahkamah Syar’iyah, Dinas Syariat Islam, MPU, instansi terkait, ormas Islam dan tokoh masyarakat untuk melakukan Rukyah bersama dan hasilnya dilaporkan kepada Kanwil Kemenag Aceh melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah.

“Insyaallah Kementerian Agama Aceh akan merukyat hilal Ramadhan 1438 H minimal di 7 lokasi,” jelasnya.

Sementara anggota Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra mengatakan bahwa ijtima awal Ramadhan 1438 H, hari Jumat (26/5) pukul 02:44:21 WIB.

Ketinggian Hilal untuk Markaz Observatorium Hilal Tgk Chiek Kuta Karang, Lhoknga, Aceh Besar 8 derajat 03 menit 04 detik di atas ufuk.

Walaupun berpeluang sama, 1 Ramadhan tetap menunggu keputusan Menteri Agama yang ditetapkan dalam sidang itsbat. [Aidil/rel]

Related posts