Semarakkan Ramadhan, GenPI Aceh gelar lomba foto

Munawar A Jalil jadi khatib Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman setelah direnovasi. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menyemarakkan gaung Ramadhan 1438 Hijriah, Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Aceh, selaku komunitas anak muda yang concern di bidang pariwisata menggelar lomba foto di sosial media. Tak hanya di Aceh, lomba serupa juga digelar serentak oleh seluruh GenPI yang sudah terbentuk di sejumlah provinsi di Indonesia.

Ketua GenPI Aceh Makmur Dimila mengatakan, lomba yang mengangkat tema #PesonaRamadan ini adalah untuk memperkenalkan atraksi wisata religi yang ada di daerah masing-masing.

“Selain itu juga untuk mengajak netizen agar berperan aktif dalam mempromosikan pariwisata daerahnya di media sosial,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (1/6).

Aceh sebagai daerah paling barat Nusantara kata Makmur, industri pariwisatanya semakin bergeliat. Ini ditandai dengan semakin banyaknya objek wisata serta meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Aceh dari tahun ke tahun.

Geliat ini semakin terasa ketika Aceh dinobatkan sebagai salah satu dari tiga destinasi wisata halal di Indonesia, selain Lombok dan Sumatera Barat.

Prestasi wisata Aceh pun kian membanggakan dengan berhasil meraih dua kemenangan di World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016 di Abu Dhabi, yaitu Bandara Sultan Iskandar Muda meraih World Best Airport for Halal Travellers dan Aceh dinobatkan sebagai World’s Best Halal Cultural Destination.

“Salah satu instrumen terbaik mempromosikan pariwisata adalah melalui media sosial. Dan bulan Ramadan ini menjadi momen untuk memperkenalkan Pesona Ramadan di Aceh kepada masyarakat luas, sebagai salah satu provinsi yang bergelar syariat Islam dan mempunyai banyak keunikan selama bulan puasa,” katanya.

Secara spesifik Koordinator Divisi Program GenPI Aceh Ferhat Muchtar, selaku penanggung jawab kegiatan ini mengatakan, sebagai daerah yang kental dengan nilai keislaman, Aceh memiliki beragam tradisi dan kebiasaan unik yang telah berlangsung secara turun temurun bahkan sejak jaman Kerajaan Aceh.

“Keunikan ini seyogyanya menjadi daya tarik wisata jika dipromosikan secara massif. Dalam hal ini GenPI Aceh ingin ambil bagian sebagai wujud kontribusi aktif kami sebagai anak muda Aceh,” ujar Ferhat.

Lewat event ini kata Ferhat, diharapkan GenPI Aceh semakin dikenal publik dan menarik minat para pegiat wisata di Aceh untuk bergabung di GenPI.

“Secara teknis lomba ini dibagi dalam tiga media sosial yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram. Lomba ini nantinya bisa berupa gambar, video pendek, atau vlog yang menggambarkan suasana Ramadan di Aceh. Untuk keterangan lebih lanjut bisa klik di website GenPI www.genpiaceh.org. Panitia juga menyiapkan hadiah menarik bagi para pemenang nantinya,” katanya. [Aidil/rel]

Related posts