Jalur mudik Barat Selatan Aceh rawan longsor

Ilustrasi. (cimomot.com)

Aceh Selatan (KANALACEH.COM) – Jalan lintas barat selatan Aceh yang menghubungkan Provinsi Aceh dan Sumatra Utara terancam putus akibat longsor. Hingga saat ini belum ada tanda-tanda perbaikan sehingga badan jalan pun menyempit.

Kondisi jalan lintas nasional Tapaktuan-Sumatera Utara, tepatnya di Desa Panjupian, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan, menjadi contohnya. Kondisi jalan di tempat itu sangat memprihatinkan akibat longsor setahun yang lalu hingga kini belum ada tanda-tanda perbaikan dari dinas terkait.

Jalur ini merupakan akses satu-satunya lintas barat selatan Aceh menuju Sumatra Utara yang akan digunakan para pemudik maupun arus balik. Badan jalan yang ambles memiliki panjang sekira 20 meter dengan kedalaman 70 meter. Badan jalan pun menyempit sehingga sulit dilewati para pengendara.

“Kondisi ini juga diperparah lagi dengan tidak adanya penerangan di malam hari dan jalan yang berbukit sehingga dikhawatrikan dapat mengancam keselamatan pengguna jalan maupun kecelakaan lalu lintas,” kata salah satu pengguna jalan Heriansyah, Senin (12/6).

Heriansyah yang kerap melintasi jalan itu mengimbau pengendara agar ekstra berhati–hati. Selain badan jalan yang menyempit, kondisi tanah di lokasi juga labil dan rawan longsor. [Okezone]

Related posts