Kanwil Kemenag Aceh beri pembekalan kepada petugas haji

Kanwil Kemenag Aceh beri pembekalan kepada petugas haji
(Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Daud Pakeh, membuka secara resmi pelatihan dan pembekalan integrasi bagi calon petugas yang mendampingi jemaah haji (petugas kloter) tahun 1438 H/2017 M di Asrama Haji Embarkasi Aceh, Banda Aceh, Selasa (13/6).

Kegiatan bertemakan ‘Mempersiapkan Petugas Haji yang Bersih dan Melayani” dilaksanakan secara integrasi oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh bersama Dinas Kesehatan Provinsi Aceh dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Banda Aceh yang diikuti 51 Peserta yang terdiri dari TPHI 11 orang, TPIHI 11 orang dan TKHI 29 orang.

Dalam arahannya Daud Pakeh meminta kepada calon petugas Haji Kloter Embarkasi Aceh untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah, karena Petugas Haji merupakan amanah, yang biayai oleh negara, sehingga sebagai petugas dituntut untuk menjaga amanah tersebut.

“Maksimalkan pelayanan, berikan yang terbaik untuk jemaah, karena sebagai petugas kita bertanggung jawab sepenuhnya kepada jemaah dan negara,” ujarnya.

Daud Pakeh juga berpesan agar petugas haji yang mendampingi jemaah di tanah suci untuk menghilangkan segala perbedaan diantara sesama petugas.

“Mari sama-sama saling menjaga untuk mewujudkan visi misi menyukseskan perjalanan mendampingi jemaah haji, hilangkan segala perbedaan, baik itu pangkat, jabatan maupun status sosial lainnya,” pesannya.

Ia meminta tahun ini tidak terjadi lagi apa yang terjadi pada tahun lalu, sehingga hal ini menjadi catatan penting bagi Bidang PHU agar teliti dan perhatian kepada dokumen jamaah.

Kakanwil juga mengatakan bahwa slogan yang digunakan di Jakarta saat menghadiri Qur’ah (pengundian) Pemondokan bagi Jemaah Haji Wilayah Makkah, Minggu (11/6) ‘Tahun 2017 adalah peningkatan pelayanan jamaah haji lebih baik, sebutnya.

Selain kendala, dalam acara pembukaan pembekalan bagi TPHI, TPIHI, dan TKHI untuk 11 Kloter, Daud Pakeh juga menyampaikan beberapa evaluasi haji tahun sebelumnya, sejumlah perubahan musim haji tahun ini, dan beberapa keuntungan jika masuk gelombang II.

Kegiatan pelatihan dan pembekalan ini dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 13 s.d 22 Juni 2017. Sebagaimana dijadwalkan, Kloter 1 JCH Embarkasi Aceh akan masuk Asrama Haji pada Selasa (15/8) dan berangkatnya Rabu (16/8). [Aidil/rel]

Related posts