Menkominfo jamin akses telekomunikasi selama mudik aman

Menkominfo jamin akses telekomunikasi selama mudik aman
Menkominfo Rudiantara (kanan) bersama Chief Service Management XL Axiata Yessie D. Yosetya (kiri) dan Komisioner BRTI Muhammad Imam Nashiruddin (tengah) melihat layar yang menampilkan jangkauan sinyal XL di jalur mudik saat kunjungan ke Network Monitoring XL di Jakarta, Jumat (23/6). (Antara Foto)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan akses telekomunikasi pada sejumlah jalur mudik aman setelah pihaknya melakukan pantauan Network Operation Center (NOC) ‎di seluruh operator selular.

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengemukakan pihaknya bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) telah memantau NOC para pelaku telekomunikasi selama dua hari berturut-turut hingga H-2 lebaran.

Menurutnya, berdasarkan hasil pantauan tersebut, seluruh operator memiliki beragam strategi untuk mengantisipasi lonjakan akses telekomunikasi yang diprediksi terjadi selama mudik berlangsung.

“Kami sudah memantau seluruh NOC operator. Mereka sudah siap antisipasi lonjakan data dan voice serta SMS yang akan terjadi selama mudik berlangsung dengan strateginya masing-masing,” tuturnya di Jakarta, Jumat (23/6).

Dia juga mengatakan dewasa ini tren penggunaan mobile data oleh pemudik diprediksi lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, terutama di jalur utama mudik. Tren tersebut menurutnya kini juga diikuti dengan penurunan penggunaan voice dan SMS seluruh operator telekomunikasi.

“Memang kalau dilihat, semua operator ini tinggi sekali ya traffic datanya dan ini pasti akan naik terus terutama ‎saat lebaran. Bagusnya lagi, operator sudah siap untuk mengantisipasi itu. Jadi aman,” katanya. [Bisnis.com]

Related posts