Darwati Pimpin TP-PKK dan Dekranasda Aceh Lima Tahun Kedepan

Darwati Pimpin TP-PKK dan Dekranasda Aceh Lima Tahun Kedepan

Banda Aceh – Darwati A Gani, Istri Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf resmi menjadi ketua Tim Penggerak-PKK dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (dekranasda) Aceh periode 2017-2022 setelah dilantik oleh Ketua Harian Dekranasda Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mewakili Ketua Umum Dekranasda Pusat, Mufidah Jusuf Kalla di Anjong Mon Mata (5/7/2017).

Seusai melantik Darwati sebagai Ketua Dekranasda Aceh, Erni Guntarti selaku Ketua Umum TP-PKK pusat juga melantik Darwati sebagai Ketua TP-PKK Aceh. Pada acara pelantikan tersebut juga dilakukan serah terima jabatan Ketua TP-PKK dan Dekranasda Aceh periode 2012-2017, Niazah A Hamid Kepada Ketua TP-PKK dan Dekranasda Aceh yang baru Darwati A Gani.

Dalam sambutannya, Erni Guntarti menghimbau TP-PKK dan Dekranasda Aceh agar dapat menyelaraskan seluruh program pKK dengan program Pemerintah untuk mewujudkan visi dan misi PKK.

“TP –PKK dan Dekranasda harus menginformasikan, mengkonsultasikan rencana kerja kepada Pemerintah Aceh, dan harus memahami program –program Pemerintah,”kata Erni.
Erni Gurtanti berharap, dibawah kepemimpinan Darwati, TP-PKK dan Dekranasda Aceh dapat terus berkembang dan melaksanakan 10 program PKK dengan baik serta mewujudkan program-program yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dalam sambuatannya berpesan agar TP-PKK dan Dekranasda Aceh membangun tim kerja yang mampu merepresentasikan program yang mampu menghadirkan progam-program yang progresif dan inovatif serta disesuaikan dengan kondisi riil masyarakat.

Selain itu, lanjut Irwandi, program yang disiapkan harus bersinergi dan sejalan dengan program yang ada dalam skema pemerintahan agar program yang dijalankan saling bersinergi dan mampu memberi daya dorong bagi perubahan di lapangan.
Program yang sifatnya – sifatnya memperkokoh fungsi domestik perempuan, seperti memasak, kreasi busana kata Irwandi harus juga diimbangi dengan program penguatan kemandirian dan kesetaraan perempuan.

“Jalinlah hubungan kerja sama dengan berbagai organisasi perempuan independen untuk menjalankan fungsi yang optimal; pengorganisasian, advokasi, edukasi keadilan jender dan hak asasi perempuan,” kata Irwandi.

Irwandi Yusuf juga meminta TP-PKK dan Dekranasda aceh dibawah kepemimpinan Darwati mampu meningkatkan program pelatihan ketrampilan dan manajerial bagi usaha ekonomi kreatif masyarakat.

“Bangun kerjasama dengan lembaga lainnya, sehingga usaha kerajinan rakyat kita mampu bersaing di tingkat nasional dan global,” ujar Irwandi.

Pada kesempatan tersebut, Irwandi juga turut menyampaikan terima kasih atas pengabdian Ketua TP-PKK dan Dekranasda Aceh sebelumnya, Ummi Niazah, Irwandi berharap, keberhasilan yang sudah dilakukan dapat dilanjutkan oleh pengurus yang baru.

Acara pelantikan tersebut juga dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Mulyadi Nurdin, Lc, MH, Pemngurus TP-PKK dan Dekranasda Aceh serta sejumlah pejabat lainnya. (husni/rel)

Related posts