Peneliti: pakai lipstik bantu perempuan jadi lebih cerdas

Pakai Lipstik Bantu Perempuan Jadi Lebih Cerdas
Ilustrasi. (sindonews.com)

(KANALACEH.COM) – LADIES! Kabar baik untuk Anda, memakai lipstik dapat membantu merasa lebih cerdas dan meningkatkan kinerja kognitif. Kata seorang ilmuwan, wanita yang memakai make-up cenderung mencetak nilai akademis yang lebih tinggi.

Periset dari Harvard University di Amerika Serikat, mempelajari bagaimana kinerja akademis dipengaruhi oleh apa yang disebut “efek lipstik”-sebuah fenomena psikologis, di mana menggunakan kosmetik dapat membuat seseorang merasakan kemampuan diri secara keseluruhan, sikan dan kepribadian.

Kosmetik memiliki efek psikologis pemakainya. Karena, pemakainya terasa lebih menarik secara fisik dan menikmati sensualitas harga diri yang lebih tinggi, kata periset.

Namun, efek dari dorongan harga diri ini juga dapat memengaruhi kemampuan kognitif, karena dipengaruhi oleh emosi positif. Periset merangcang eksperimen psikologis, di mana siswa perempuan dimasukkan ke dalam kelompok dan diberi serangkaian tes.

Tes tersebut terdiri dari menjawab beberapa pertanyaan pilihan tentang sebuah bab dari buku teks psikologi umum. Sebelum masing-masing dari 3 kelompok melakukan tes, mereka semua mengerjakan tugas yang berbeda, di mana itu memengaruhi perasaan atau emosi.

Satu kelompok menggunakan make-up, yang lain mendengarkan musik positif, dan ketiga mewarnai gambar wajah manusia. Tim menemukan peningkatan yang signifikan dalam kinerja kognitif dari kelompok yang mendengarkan musik, namun kelompok make-up yang terbaik.

Skor tes secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan yang diperoleh setelah mendengarkan musik dan terapi mewarnai gambar, kata periset. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Cogent Psychology, dikutip dari laman Zeenews, Senin (31/7). [Okezone]

Related posts