Banda Aceh pamerkan foto heritage dan cagar budaya
Ilustrasi. salah seorang warga Banda Aceh, saat melihat salah satu foto yang dipamerkan, Minggu (8/5), di Banda Aceh. FOTO: HUMAS Pemko
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dalam rangka memperingati 12 tahun perdamaian Aceh, Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh (PDIA) mengelar kegiatan pameran foto sejarah dan perkembangan perjalanan perdamaian Aceh dengan tema “Refleksi 12 Tahun Perdamaian Aceh” di ruang pameran PDIA, lantai II Gedung Auditorium Kompleks Museum Aceh, Jalan Sultan Alaidin Mahmud Syah, Banda Aceh.

Direktur PDIA, Mawardi mengatakan foto yang akan dipamerkan dalam kegiatan ini ialah foto koleksi dari PDIA, Biro Humas Setda Aceh, Kontras Aceh, dan beberapa sumber foto lain yang berkaitan dengan sejarah perdamaian Aceh.

“Untuk memberikan informasi tentang proses panjang perdamaian, diawali dengan penggambaran akar konflik Aceh, DOM, darurat militer, darurat sipil, MoU Helsinki, dan progress terakhir di Aceh pasca perdamaian,” Kata Mawardi kepada Kanalaceh.com Senin (14/8).

Ads

Dikatakan Mawardi, kegiatan itu akan dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai tanggal 15 hingga 18 Agustus 2017. Ini merupakan program regular PDIA yang didukung sepenuhnya oleh Direktorat Sejarah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Kesejarahan tahun 2017.

“Informasi ini tentu akan sangat bermanfaat bagi generasi muda dalam rangka meningkatkan literasi sejarah konflik Aceh dan perkembangannya,” katanya.

Pihak PDIA juga turut mengundang masyarakat Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, khususnya para guru, siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk berkunjung dan menyaksikan pameran foto tersebut.

“Pameran foto kali ini juga akan dipandu oleh staf khusus yang telah dipersiapkan,” pungkasnya. [Fahzian Aldevan]

Ads