Mantan pasukan GAM serahkan senjata api ke Kodim Aceh Barat

Mantan pasukan GAM serahkan senjata api ke Kodim Aceh Barat
Mantan kombatan pasukan komando pusat GAM, Muhibbus Sabri alias Tgk Seulimum (45) menyerahkan senjata api peninggalan masa konflik ke Kodim 0105/Aceh Barat, Sabtu (16/9). (Ist)

Meulaboh (KANALACEH.COM) – Mantan kombatan pasukan komando pusat GAM, Muhibbus Sabri alias Tgk Seulimum (45) menyerahkan satu pucuk senjata api SS1-V5, satu buah magazen, satu utas tali sandang dan 17 butir munisi aktif kepada anggota Unit Intel Kodim 0105/Aceh Barat, Sertu Zainuddin dan Sertu Muhammad, Sabtu (16/9) dini hari di Desa Jawi, Kecamatam Woyla, Aceh Barat.

Dandim 0105/Abar Letkol Inf Herry Riana Sukma memerintahkan anggotanya untuk melakukan pendekatan secara persuasif ke Muhibbus Sabri agar mau datang ke Makodim menyerahkan langsung dengan tujuan untuk menghindari dampak negatif dari pihak-pihak tertentu

Penggalangan anggota Unit Intel Kodim Sertu Zainuddin membuahkan hasil yang baik. Senjata SS1 V-5 diserahkan langsung oleh Muhibbus Sabri pada Sabtu (16/9) pagi di Makodim 0105/Aceh Barat dan langsung disambut oleh Dandim 0105/Aceh Barat Letkol Herry Riana Sukma, Pasi Intel dan Dan Unit Intel Kodim 0105/Aceh Barat.

Letkol Inf Herry Riana Sukma mengatakan bahwa senjata tersebut diserahkan atas kesadaran si pemilik, tidak ada unsur paksaan atau unsur lain. Senjata tersebut merupakan peninggalan masa konflik Aceh dan tidak pernah digunakan untuk kejahatan atau perbuatan kriminal lain oleh yang bersangkutan.

“Ini murni dari kesadaran karena sebelumnya Kodim telah menyebarkan himbauan ke wilayah pedalaman Aceh Barat bagi Mantan eks GAM ataupun masyarakat yang masih menyimpan senjata bekas konflik atau bekas temuan tsunami Aceh agar diserahkan ke Koramil atau anggota Kodim 0105/Abar,” kata dia.

Dijelaskannya, Muhibbus Sabri merupakan mantan pasukan Komando Pusat GAM yg semasa konflik di BKO kan dari wilayah Pase ke wilayah Aceh Jaya dan Aceh Barat, serta merupakan tim khususnya Irwandi Yusuf. [Aidil/rel]

Related posts