Mengintip kemewahan basement Masjid Raya Baiturrahman

Jemaah Masjid Baiturrahman berjalan di Basement sambil melihat ornamen sekitar Basement. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Usai diresmikan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla pada bulan Mei 2017 lalu, Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh semakin menawan. Bak Masjid Madinah di Mekkah, Baiturrahman juga menyimpan keindahan dari segi desainnya.

Masjid ini memegang World’s Best Halal Cultural Destination pada ajang World Halal Tourism Award (WHAT) di Abu Dhabi akhir 2016 lalu. Predikat tersebut membuat Pemerintah Aceh semakin meningkatkan sarana dan prasarana masjid.

Tangga menuju plasa Masjid Raya baiturrahman.

Salah satunya menuju basement, yang menjadi tempat parkir dengan 14 blok dari A hingga M dengan area seluas 8.600 meter persegi. Ruang bawah tanah ini dapat menampung 254 mobil dan 347 sepeda motor dengan lima pintu akses menuju halaman masjid.

Di dalamnya juga terdapat tempat wudhu, toilet, fasilitas untuk penyandang disabilitas, tempat penitipan sepatu untuk pria dan wanita, yang dihiasi dengan ornamen khas Aceh yaitu lambang motif Pinto Aceh di setiap dindingnya.

Pengunjung di basement Masjid Raya Baiturrahman.

Basement ini bagian dari proyek pengembangan landscape dan infrastruktur Masjid Raya Baiturrahman. Apalagi basement itu mulai difungsikan untuk umum pada akhir Agustus 2017. Area ini menjadi incaran para pengunjung untuk menikmati kemewahan masjid.

Dengan lantai berlapis marmer yang dipasok dari Italia dan Spanyol, kemudian didukung dengan eskalator di setiap tangga pada sisi kanan dan kiri untuk menuju plaza, sehingga semakin memanjakan pengunjung untuk selalu betah di area masjid kebanggaan rakyat Aceh ini.

Saat mengunjungi tempat tersebut, kebersihan dan kelengkapan fasilitas tak perlu diragukan lagi. Bagi warga, tempat ini juga dijadikan salah satu spot foto yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Nindya, salah seorang warga Kota Banda Aceh, awalnya tidak mengetahui keberadaan dan bentuk basement Masjid Raya Baiturrahman. Bahkan tadinya ia tidak percaya basement masjid ini begitu mewah, meskipun sudah beberapa kali mengunjungi tempat ibadah bersejarah itu.

“Tahunya dari foto teman yang di-upload di medsos, jadi penasaran kan, makanya ke sini dan sekalian ibadah,” ucapnya, Sabtu malam (16/9).

Nah, jika parkir di basement, Anda akan dikenai tarif parkir untuk sepeda motor Rp2.000 dan roda empat Rp3.000. setelah itu, jangan lupa melepas sepatu ketika memasuki area menuju plaza.

Setelah puas menikmati 12 payung elektrik dan keindahan di plaza masjid, tempat ini juga menjadi rekomendasi bagi pengunjung untuk berswafoto dengan latarbelakang perhiasan tradisional Aceh, yakni Pinto Aceh. [Randi]

Related posts