Air meluap akibat konstruksi drainase Blang Pasee mengecil

Air meluap akibat konstruksi drainase Blang Pasee mengecil
Salah satu pembangunan drainase yang dibangun mengecil dari konstruksi bangunan dasar sebelumnya, Selasa (3/10). (Kanal Aceh/Erza)

Langsa (KANALACEH.COM) – Mengecil, mendangkal dan tingginya dinding, konstruksi bangunan drainase yang dibangun sejumlah kontraktor dari parit dasar sebelumnya dikecam banyak pihak di Kota Langsa. Betapa tidak hujan sedikit saja jadi musibah banjir bagi masyarakat sejumlah gampong di kota itu.

Hal itu seperti dikatakan Edi Anwar, selaku pemerhati mewakili warga Gampong PB Blang Pasee Kota Langsa, Selasa (3/10).

“Sejujurnya kita nilai secara awam saja, salah satu penyebab meluapnya air parit akibat curah hujan tersebut, dikarenakan kontruksi bangunan drainase yang dibangun oleh sejumlah kontraktor selain mengecil dan mendangkal juga tingginya dinding ke bibir drainase yang dibangun,” ujarnya.

Sehingga sedikit saja hujan turun, kemudian air memenuhi saluran karena yang dulunya parit berkonstruksi besar kini dibangun konstruksinya menjadi kecil, jadi tidak mampu menampung volume air kiriman.

Dampak lainnya juga, sambung Edi, genangan air hujan yang memenuhi hamparan tanah halaman rumah padat penduduk yang seharusnya air dapat mengalir ke parit tersekat oleh bibir parit yang lebih tinggi dari hamparan tanah.

Sehingga pada gilirannya setiap curah hujan kuat sedikit saja, warga dihadiahi banjir luapan air parit yang kotor dan baunya minta ampun. Hal itu diduga kuat akibat maraknya kegiatan pembangunan proyek drainase luncuran Pemko Langsa yang dibangun para kontraktor jauh dari kajian kepatutan.

Jika peristiwa seperti ini terus berlanjut tentu sangat merugikan warga masyarakat kawasan itu, karena berbagai peralatan rumah tangga banyak yang rusak.

“Ini perlu ditinjau langsung oleh instansi teknis yakni pihak Dinas Pekerjaan Umum Daerah setempat, karena diduga kuat ada yang salah terhadap proyek pembangunan drainase yang dikerjakan kontraktor tersebut,” sebut Edi mewakili warga lainnya.

Anehnya sejauh ini belum ada tindakan apa-apa yang dilakukan Pemerintah Kota Langsa melalui Dinas Pekerjaan Umum Daerah, terhadap keluhan musibah yang dialami warganya terutama warga Gampong Paya Bujuk Blang Paseh Langsa. [Erza]

Related posts