Pendidikan parenting tangkal pengaruh buruk Globalisasi

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pola pendampingan sistematis dari orangtua kepada anggota keluarga atau biasa disebut pendidikan Parenting adalah salah satu cara untuk menangkal pengaruh buruk globalisasi seperti pergaulan bebas, tawuran, narkoba dan kekerasan seksual.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Aceh, Darwati A Gani, kepada awak media usai menyampaikan sambutan pada acara Seminar Parenting Berbasis Karakter, yang diselenggarakan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) bekerjasama dengan Ikatan Istri Pimpinan BUMN, di Anjong Mon Mata, Banda Aceh Kamis (5/10).

“Ini sangat penting untuk memberikan pemahaman lebih dalam tentang pendidikan parenting. Kita berharap para peserta dapat menyampaikan dan menerapkan kepada lingkungan dan anak didik. Sehingga permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi di keluarga bisa di minimalisir,” ujar Darwati.

Dalam sambutan singkatnya, Darwati mengungkapkan bahwa parenting juga telah diperintahkan Allah dalam Surat At Tahrim Tahrim ayat 6, yang artinya ‘Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan’

Darwati menegaskan, makna dari ayat ini menunjukkan betapa besarnya tanggungjawab orangtua dalam membangun keluarga yang utuh. Oleh karena itu, pola pembinaan keluarga wajib menjadi perhatian, sebab hal itu sangat menentukan karakter dan perilaku anak di masa depan.

“Meski baru popular, namun istilah dan semangat parenting telah ada dalam Al-Quran, Hadits dan kearifan lokal masyarakat Aceh. Surat At Tahrim ayat 6 telah menegaskan, bahwa parenting adalah salah satu hal utama yang ditekankan dalam Islam,” ujarnya.

Sementara itu, Eri Imam Apriyanto, selaku Ketua Ikatan Istri Pimpinan BUMN, menjelaskan bahwa pendidikan parenting merupakan program nasional yang digagas oleh OASE KK untuk mendukung program Revolusi Mental Presiden Joko Widodo. Kata dia, Ini merupakan salah satu bentuk dukungan IIP BUMN.

“Kita berharap Ketua Dekranasda Aceh dapat pula mengkampanyekan dan mensosialisasikan permasalahan parenting ini secara lebih luas, baik untuk anggota PKK, Dekranasda dan para guru PAUD, karena para gurulah yang akan bersentuhan langsung dengan anak didik,” katanya. [Fahzian Aldevan]

Related posts