Kemenag Aceh gelar rapat koordinasi penyelesaian dokumen Jamaah Haji

(IST)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) melaksanakan Rapat Koordinasi Penyelesaian Dokumen Jamaah Haji di Grand Permata Hati Hotel Banda Aceh, Rabu (18/10).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H.M.Daud Pakeh dan diikuti oleh seluruh Kasi PHU Kankemenag Kabupaten/Kota Se Aceh dan 6 peserta dari Imigrasi.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan bahwa pekerjaan bidang Haji tidak ada habisnya, walaupun penyelenggaraan Haji tahun tahun 2017 ini telah selesai dilaksanakan.

Kepada peserta, yang merupakan penyelenggara haji di daerah Kakanwil  meminta agar mempersiapkan dokumen pelaksanaan haji tahun depan sejak dini agar dapat meminimalisir kesalahan dan juga  untuk kelancaran pelaksanaan Ibadah Haji nantinya.

“Informasi tentang haji ini terus berkembang, maka Kasi haji harus update informasi dan regulasi tentang haji tersebut,” ujar Kakanwil.

Bahkan, Kakanwil juga menyarankan adanya perbaikan dalam pelaksanaan manasik haji kedepan, agar tidak fokus mengenai fiqih saja.

“Sistem manasik juga perlu dilakukan perubahan dengan memasukkan materi selain Fiqih, seperti informasi terkini mengenai aturan di Arab Saudi, suasana Masjidil Haram, Pemondokan dan juga katering harus disampaikan pada saat manasik kalau diperlukan, jadi materi manasik juga melihat dari sisi pendekatan spritual juga, tidak fiqih saja,” ujar Kakanwil. [Randi/rel]

Related posts