Kemenpar beri pelatihan kepada pelaku wisata di Sabang

Kemenpar beri pelatihan kepada pelaku wisata di Sabang

Sabang (KANALACEH.COM) – Guna meningkatkan sumber daya manusia, Kementrian Pariwisata berikan pelatihan kepada sejumlah pelaku wisata di Kota Sabang.

Kegiatan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut digelar di Aula Walikota Sabang pada Kamis (26/10).

Asisten Deputi Pengembangan SDM Kepariwisataan, Wisnu Bawa Tarunajaya mengatakan, dalam menjual pariwisata di suatu daerah, tak ubahnya seperti menjual image atau citra.

Maka dibutuhkan pembekalan bagi masyarakat umum, dalam menyambut serta memberikan pelayanan yang baik bagi wisatawan.

“Ini sengaja kita kumpulkan masyarakat, dengan harapan mereka dapat berbagi dengan masyarakat lain terkait ilmu kepariwisataan, terutama pelayanan. Karena dalam pariwisata itu tidak ubahnya seprti menjual image. Nah itu yang paling banyak dibentuk oleh SDM atau masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, kegitan yang dilaksanakan ini memberikan dampak positif terhadap perubahan pariwisata Kota Sabang terutama dalam peningkatan sumber daya manusia bagi para pelaku wisata.

“Memberikan pelayanan dalam menyambut wisatawan itu sangat penting karena akan memberikan kesan pertama bagi wisatawan sebelum mereka pergi ke destinasi yang dituju,” tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang, Zulfi Purnawati sangat mengapresisasi kegiatan tersebut.

Dia juga meminta kepada pihak kementrian, untuk lebih sering melakukan pelatihan sumber daya manusia di Kota Sabang.

Menurut Zulfi, masih banyak ketertinggalan yang dimiliki Kota Sabang, dalam hal pariwisata, dibandingkan beberapa kawasan wisata lainnya di Indonesia. Maka dari itu, pembekalan terhadap masyarakat perlu ditingkatkan.

“Kita berharap kepada kementrian, untuk sering- sering lah melihat Sabang. Karena masih banyak ketertinggalan kita dibandingkan daerah lain. Kita juga minta kedepan masyarakat kita dibuat suatu standarisasi. Karena itu yang dibutuhkan masyarakat kita sekarang,” harap Zulfi.

Adapun materi yang disajikan dalam pelatihan tersebut antara lain, peran SDM dalam membengun citra pariwisata Indonesia, Kebijakan Pariwisata Nasional, Kebijakan pariwisata Daerah, serta pelayanan prima dan Sapta pesona. [Diki Arjuna]

Related posts