Gajah Sumatera betina ditemukan mati di Aceh Jaya

Gajah Sumatera betina ditemukan mati di Aceh Jaya
Dokumentasi - Gajah di kawasan hutan sekunder wilayah Lamtemot, Gampong Teladan, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar ditemukan sudah tak bernyawa lagi setelah Rabu (16/8) kemarin terkena benda runcing. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Seekor Gajah Sumatera berjenis kelamin betina ditemukan mati sudah membusuk di Desa Lhok Gelumpang, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo, mengatakan, bangkai gajah yang membusuk itu diperkirakan berusia 10 tahun dan diperkirakan ditemukan setelah 3-4 minggu mati.

“Kondisi bangkai sudah sangat rusak, tidak ditemukan sisa kotoran yang bisa dianalisa,” kata Sapto saat dikonfirmasi Kanalaceh.com, Jumat (3/11).

Setelah mendapat laporan, kata Sapto, petugas langsung terjun ke lokasi guna melakukan pemeriksaan oleh tim BKSDA, bersama Koramil Setia Bakti, Polsek Setia Bakti dan CRU Sampoiniet.

Dikatakan Sapto, gajah itu ditemukan di lokasi datar dan berumput di kebun milik masyarakat setempat. Selain itu juga ditemukan 1 caling dengan panjang 29 sentimeter, diameter pangkal 3,5 sentimeter, dan diameter ujung 2 sentimeter.

Selanjutnya, kata dia, gajah yang mati itu akan dilakukan visum dan laporan informasi (LI) ke Polsek Setia Bakti.

“Tidak ditemukan sisa racun, pupuk dan lain-lain di sekitar tempat kejadian. Kemungkinan besar kematian karena sebab tidak wajar,” kata Sapto. [Fahzian Aldevan]

Related posts