Gerombolan Paus terdampar, Nelayan: ada yang lepas, tapi sempat balik lagi

Paus jenis sperma yang terdampar di Pantai Kareueng Aceh Besar, Senin (13/11). (kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sembilan ekor ikan Paus jenis sperma yang terdampar di Pantai Pantai Ujong Kareung, Aceh Besar, Pada Senin (13/11) pagi tadi turut menyita perhatian warga.

Fenomena langka ini turut disaksikan ribuan warga yang memadati pantai tersebut. Hewan jenis ini dinilai sebagai hewan yang setia terhadap kelompoknya.

Salah seorang nelayan, Anwar mengatakan, dari kesembilan paus tersebut ada satu ekor yang sudah berhasil dilepaskan oleh para warga sekitar pukul 11:15 WIB. Namun, kata dia, paus yang lepas itu kembali lagi ke gerombolan kawanan paus yang belum lepas.

“Tadi ada satu ekor paus sudah lepas, tapi sempat balik lagi ke paus yang terdampar,” ujarnya pada kanalaceh.com dilokasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Kelautan dan Perairan Dinas Kelautan Aceh, Nur Mahdi menyebutkan, terdamparnya paus jenis sperma tersebut atas dugaan ada anggotanya yang sakit.

“Ini jenis ikan yang pergi secara berkelompok dan juga merupakan ikan yang setia, makanya terdampar dengan jumlah banyak,” kata Nurmahdi.

Ia menjelaskan, hewan ini selalu bersama-sama, jika ada satu yang terluka lalu terdampar atau berbeloka arah, kata dia, maka yang lain akan mengikutinya. Sehingga terdampar secara bersama-sama. [Randi]

Related posts