SAR Singkil hentikan pencarian balita terseret banjir

Warga Gampong Paya hilang terseret arus Sungai Kluet
Ilustrasi. Tim sar dibantu dengan polisi melakukan pencarian di Krueng Aceh kawasan Limpok. (Kanal Aceh/Randi)

Singkil (KANALACEH.COM) – Tim SAR menghentikan pencarian terhadap balita, Alwi Syahputra (3), yang hilang tenggelam diduga terseret banjir yang melanda rumahnya di Suka Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Sabtu (11/11).

Ketua Tim Basarnas Pos Kuta Cane, Kabupaten Aceh Tenggara, Muhammad Amri kepada wartawan di Singkil, Selasa (14/11), mengatakan pihaknya telah melakukan pencarian bersama personel tim lain dan masyarakat sejak kedatangan mereka Minggu (12/11), tetapi belum ada tanda-tanda keberadaan korban.

“Selayaknya 1 x 24 jam korban yang tenggelam akan muncul ke permukaan kecuali ada akibat lain, tetapi jasad korban tidak demikian,” kata Amri seperti dilansir laman Antara.

Secara tim mereka telah melakukan pencarian hingga ke Kuala Sungai Singkil, Kuala Gabi. Setiap tumpukan sampah sungai dan tempat lainnya yang diperkirakan tubuh korban tersangkut telah diperiksa dan dikorek, tetapi tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Tim menghentikan pencarian tepat pukul 17.00 WIB dan selanjutnya kembali ke Kuta Cane. Amri memyebutkan apabila ada perkembangan terbaru pihaknya akan dapat turun kembali ke Singkil.

Kepala Kampung Sukamakmur Burhan menyebutkan pencarian selama empat hari yang dilakukan siang dan malam sudah maksimal.

Dia memutuskan bersama tim pencari untuk menghentikan pencarian meskipun belum membuahkan hasil. Namun, pihaknya akan turun kembali bersama warga apabila ada perkembangan baru.

Berdasarkan keterangan ibu korban, Eni, bahwa dia bersama anaknya mulanya tidur siang usai shalat Zuhur di lantai papan di ruangan depan rumah dekat jendela.

Sekitar pukul 13.30 WIB, anaknya terjaga dan meminta makan. Eni mengaku samar-samar mendengar permintaan itu, tetapi matanya susah dibuka.

Selang setengah jam atau pukul 14.00 WIB, Erni yang terjaga dari tidurnya tersentak mengetahui anaknya tak ada di sampingnya. Ia menjerit sekeras-kerasnya memanggil anaknya, tetapi tak ada sahutan.

Salman, ayah korban, yang sedang kerja bongkar muat barang di perahu di Sungai Rintis pun menghentikan pekerjaannya untuk mencari anaknya yang diduga terjatuh dan hilang tenggelam saat sedang bermain. []

Related posts