TNI AL akan tampilkan parade kapal perang dan layar di Sail Sabang

TNI AL akan tampilkan parade kapal perang dan layar di Sail Sabang
Warga menikmati pemandangan kapal yang berada di Teluk Sabang dari atas ketinggian. (Kanal Aceh/Randi)

Sabang (KANALACEH.COM) – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) akan menampilkan formasi parade Kapal Perang Republik Indonesia dan dua kapal layar latih tiang tinggi TNI AL pada kegiatan Sail Sabang 2017, yakni KRI Dewaruci dan KRI Bima Suci-945.

“KRI Dewaruci berlayar dari Jakarta ke Sabang dengan membawa 68 pelajar se-Nusantara dalam Ekspedisi Nusantara Jaya III sedangkan KRI Bima Suci-945 membawa 94 Taruna/Taruni AAL,”
kata Komandan Gugus Keamanan Laut Wilayah Barat (Danguskamlabar) Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, selaku Komandan Gugus Tugas Sail Sabang 2017 saat meninjau gladi bersih Sail Sabang 2017 di Dermaga Terminal CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Kota Sabang, Jumat (1/12).

Beberapa Kapal Perang milik TNI AL juga akan memeriahkan Sail Sabang 2017, di antaranya KRI Sultan Iskandar Muda–367, KRI Teuku Umar-385, KRI Imam Bonjol-383, dan KRI Banda Aceh-593 yang melaksanakan Pelayaran Nusantara Jaya (Pelantara) VII dan Bakti Bela Negara Kementrian Pertahanan Republik Indonesia, serta KRI Suharso-990 yang melaksanakan Bakti Sosial Surya Bhaskara Jaya ke-66.

Selain mengerahkan kapal perang, pada Sail Sabang 2017 ini TNI AL juga membawa Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang akan menghibur masyarakat Sabang dengan menampilkan Genderang Suling Gita Jala Taruna yang membentuk formasi huruf T, jangkar, dan cincin.

Beberapa atraksi lain pun terus dipersiapkan, seperti tarian kolosal Laksamana Malahayati yang dikuti pelajar Aceh, atraksi paramotor, sailing pass nelayan tradisional, aerobatic show oleh Jupiter Aerobatic Team, dan penerjunan bebas dari 34 prajurit TNI dan Polri yang menggunakan pesawat udara TNI Angkatan Laut Casa 212. [Aidil/rel]

Related posts