Sadar wisata, Pemuda Pulau Banyak gelar aksi bebas sampah

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Pemuda yang tergabung dalam kelompok sadar wisata Pulau Banyak, melakukan sosialisasi dan membersihkan lokasi yang dijadikan tempat hilir mudik wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Banyak.

Sosialisi dan aksi bebas sampah ini dilakukan untuk menyambut datangnya wisatawan. Apalagi, bulan Desember ini diprediksi wisatawan yang akan berlibur ke Pulau Banyak akan meningkat.

Salah seorang Pemudi Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil, Ilva Noriska mengatakan, hal ini dilakukan untuk membantu dan mengembangkan daerah wisata lewat aksi bersih, agar tercipta kesadaran masyarakat maupun wisatawan untuk menjaga kebersihan.

Pemuda sadar wisata Pulau Banyak. (Ist)

“Dengan datangnya libur panjang wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong datang ke Pulau Banyak untuk menikmati keindahan tempat wisata yang berada di kecamatan Pulau Banyak ini. Makanya kami dari masyarakat sudah siap menyambut hal itu, “katanya melalui pesan tertulis yang diterima kanalaceh.com, Rabu (6/12).

Ilva menyebutkan, aksi ini tanpa ditunggangi oleh pihak manapun. Aksi tersebut murni datang dari pemuda Pulau Banyak yang prihatin dengan kondisi sampah di Pulau Banyak.

“Kalau bukan kita yang bersihkan siapa lagi, aksi ini sebagai wujud nyata dari pemuda sadar wisata, “sebut Ilva.

Sementara itu, warga Pulau Banyak lainnya yang turut ikut dalam aksi sadar wisata itu, Venny Yurizkia mengajak seluruh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Banyak, agar menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke laut.

Jika wisatawan kedapatan buang sampah ke laut, pihaknya siap menegur sampai dengan memberikan sanksi bila wisatawan tak menjaga kebersihan laut dan Pulau.

Diketahui, Pulau Banyak salah satu destinasi wisata bahari yang Indah di ujung barat Sumatera. Puluhan gugusan pulau berpasir putih dan terumbu karang menjadi daya tarik wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Banyak. [Randi] 

Related posts