Pangdam IM: Cerita Laksamana Malahayati diangkat ke layar lebar

Pangdam IM: Cerita Laksamana Malahayati diangkat ke layar lebar
Pangdam IM, Mayjen TNI Moch Fachrudin memberikan cinderamata kepada keturunan Laksamana Malahayati, Poh Cut Teungku Putroe Safiatuddin Cahya Nuralam, Selasa (26/12) di Kodam IM. (Ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Moch Fachrudin mengajak keturunan Pahlawan Nasional Laksamana Malahayati untuk ramah tamah dan makan siang di Sanggamara Longe, Makodam IM, Banda Aceh, Selasa (26/12).

Saat ziarah ke Makam Sultan Iskandar Muda pekan lalu, secara khusus Mayjen Fachrudin mengundang keturunan Pahlawan Nasional Laksamana Malahayati, Poh Cut Teungku Putroe Safiatuddin Cahya Nuralam, untuk berkunjung ke Markas Kodam Iskandar Muda.

“Semoga pertemuan ini membawa berkah,” ucapnya mengawali sambutannya.

Ads

Fachrudin menyatakan, sebagai generasi penerus, agar mengenang dan mengingat kembali perjuangan para pejuang-pejuang yang telah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.

“Kita semua generasi penerus harus tahu tentang sejarah perjuangan pahlawan yang telah merebut kemerdekaan negara ini. Kalau kita tidak tahu kita tentang sejarah, bagaimana kita mengetahui perjuangan pahlawan kita dulu,” paparnya.

Untuk menghargai jasa-jasa pahlawan dan melestarikan kepada generasi muda, Kodam IM dalam rangkaian peringatan HUT Kodam Im ke-61 dan HUT Kowad ke-56 melaksanakan ziarah ke makam-makam pahlawan yang ada di Aceh.

“Ini adalah bentuk kepedulian Kodam IM terhadap para pejuang yang dahulu yang telah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI,” jelas Fachrudin.

Selain itu, dia juga mengungkapkan bahwa cerita Pahlawan Nasional Laksamana Malahayati diangkat ke layar lebar dan kini masih dalam proses penggarapan yang diperankan oleh artis Marcella Zalianty.

Diakhir sambutan, Fachrudin juga tidak melewatkan kesempatan yang langka untuk mengundang keluarga keturunan Pahlawan Nasional Laksamana Malahayati berkunjung ke kediamannya.

Sementara itu, Poh Cut Teungku Putroe Safiatuddin Cahya Nuralam mengucapkan terima kasih kepada Kodam IM, khususnya kepada Pangdam yang telah mengundangnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pangdam dan pejabat utama Kodam IM lainnya,” ungkapnya.

Menemani makan siang, keluarga Malahayati disuguhi pemutaran video Drama Kolosal perjuangan Malahayati yang dimainkan Teater Merah Putih Rindam Iskandar Muda.

Tampak hadir dalam acara ramah tamah, Kasdam IM, Irdam, Ketua dan Wakil Persit KCK PD IM, para Perwira Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam IM, para Kabalak serta pengurus Persit. [Aidil/rel]