5 fitur terbaik smartphone android di 2018

5 fitur terbaik smartphone android di 2018
(Foto: Android Authority)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kecanggihan teknologi seolah tak ada habisnya. Seiring waktu, teknologi smartphone berbasis Android pun terus berkembang semakin cerdas.

Di tahun 2018 ini, sudah dapat dipastikan berbagai teknologi juga akan melengkapi kehadiran smartphone Android terbaru. Beberapa fitur bahkan sempat dibocorkan oleh vendor smartphone untuk handset-nya di 2018.

Lantas apa saja fitur smartphone Android yang akan hadir di tahun ini? Dilansir Slash Gear, berikut fitur terbaik smartphone Android di 2018.

Smartphone lipat

Ponsel lipat sejak lama diperbincangkan dan disebut akan menjadi tren smartphone selanjutnya. Beberapa paten dari vendor-vendor smartphone pun bocor dan menunjukkan konsep smartphone lipat yang hampir serupa.

Eksekutif Samsung bahkan sebelumnya mengonfirmasi bahwa perusahaannya akan mengembangkan smartphone lipat dan mengenalkannya pada 2018.

Layar 18:9

Smartphone berlayar lega tentu menjadi idaman para pengguna smartphone. Pasalnya dengan dukungan desain tersebut, pengguna memiliki kemungkinan untuk melihat konten secara lebih jelas dan leluasa.

Kini beberapa vendor telah banyak mengusung smartphone dengan rasio aspek layar 18:9. Fitur tersebut juga diperkirakan akan menjadi fitur yang melengkapi berbagai smartphone di 2018.

Fitur berbasis AI

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan belakangan terus berkembang hingga ke smartphone. Meski begitu, AI belum sepenuhnya menjajakan pengalaman utama dalam smartphone hingga kuartal kedua 2017.

Sejak saat itu beberapa vendor menggunakan AI untuk mengidentifikasi wajah dan memprediksi interaksi pengguna serta mengoptimalkan smartphone. Di 2018, AI akan semakin banyak dikembangkan bersama dengan machine learning dan neural network sehingga menghadirkan pengalaman utama dalam smartphone. Tentunya bukan hanya untuk asisten digital saja.

Pemindai wajah

Fitur ini memang bukan menjadi hal baru di industri smartphone 2018. Pasalnya, beberapa perusahaan telah mengusung fitur pemindai wajah seperti Samsung dan OnePlus.

Namun fitur ini akan menjadi salah satu tren fitur Android di 2018. Apalagi fitur ini juga telah diusung Apple dengan pemindai wajah 3D pada iPhone X. Hal ini semakin mendorong vendor smartphone Android untuk semakin mengembangkan fitur serupa.

Fingerprint di layar

Fitur fingerprint di layar telah banyak diperbincangkan sejak 2017. Namun nyatanya sampai akhir tahun, fitur itu tak juga mendarat di smartphone hingga Synaptics – pengembang sensor sentuh mengungkap rencana perusahaan.

Synaptics akan menghadirkan teknologi yang akan mendukung fingerprint di layar pada 2018. Vivo bahkan disebut akan menjadi vendor pertama yang mengusung fitur tersebut di 2018. [Okezone]

Related posts