Menikmati lobster murah di Pulau Banyak

Menikmati lobster murah di Pulau Banyak
Pekerja mengambil lobster di keramba di wilayah Pulau Banyak, Aceh Singkil. (Kanal Aceh/Randi)
--Ads--
loading...

Singkil (KANALACEH.COM) – Wisata bahari terasa hambar jika tidak menikmati kuliner bawah lautnya yang lezat. Di Pulau Banyak, segala kuliner laut dapat dinikmati, apalagi jika di dapat langsung dari nelayan setempat.

Seperti udang lobster yang masih hidup, rata-rata harga udang ini perkilonya mencapai Rp 180 ribu. Perkilonya sekitar tujuh ekor dengan masing-masing berat perekor antara 1 hingga 2 ons.

Lobster ini sebagai menu andalan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. Setiap wisatawan akan ditawarkan berbagai menu makanan, mulai dari jenis ikan karang, gurita, cumi, udang hingga kerang raksasa yaitu kima.

Ads

“Wisatawan paling banyak itu memesan udang lobster, bahkan kita sempat kewalahan jika banyak permintaan,” kata salah seorang pekerja di keramba apung udang, Sholeh, Senin (1/1).

loading...

Ia mengatakan, lobster itu di dapat dari nelayan. Tentunya yang masih hidup. Lalu di simpan di keramba apung miliknya. Jadi sewaktu jika ada pemesan, tinggal mengambil di keramba.

Seorang pembeli, Yanuar mengaku, harga lobster perkilonya di Pulau Banyak tergolong murah. “Lumayan murah disini, kalo di luar Aceh bisa sampe Rp 500 ribu perkilo,” sebutnya.

Selain murah, lobster di Pulau Banyak masih sangat segar. Apalagi para nelayan mengambilnya masih menggunakan cara tradisional.

Menurut warga disini, lobster berukuran kecil ini dapat dijumpai dipinggiran pantai Pulau Banyak. Khususnya di tempat yang memiliki terumbu karang di kedalaman satu meter.

“Kalau disini, di pinggir-pinggir pulau itu banyak. Tapi malam hari,” sebut Tondi, warga Pulau Banyak. [Randi]

Ads