Dinsos Abdya akan perbaiki data penerima Bansos

  • Whatsapp
Dinsos Abdya akan perbaiki data penerima Bansos
Kadis Sosial Abdya, Irwansyah. (Ist)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Dinas Sosial Kabupaten Aceh Barat Daya (Ab­dya) akan segera memperbaiki data pene­rima bantuan sosial (Bansos) yang dinilai telah menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat.

Kadis Sosial Abdya, Irwansyah menilai data penerima bansos seperti beras keluar­ga sejahtera (Rastra) banyak yang tidak tepat sasaran, se­hingga perlu dilakukan perbaikan segera.

“Sesuai dengan arahan bupati bantuan tidak tepat sasaran akan kita evaluasi. Selama ini da­ta dimaksud, dilaporkan sangat amburadul dan tidak tepat sasaran,” katanya, Jumat (23/2) di Abdya.

Ke depan, lanjut Irwansyah, data ini akan didaftarkan ke penerima bantuan yang betul-betul kurang mampu. Prbaikan data akan melibatkan keuchik, tuha peut, dan perangkat desa lainnya.

“Kita akan melatih dulu operatornya, sistem aplikasinya. Jadi orang itu lah nantinya yang akan mengirim data ke pusat,” jelasnya.

Menurut Irwansyah, data penerima manfaat santunan sosial dari pemerintah itu bisa berubah dalam 6 bulan sekali. Tergantung dari gejolak kesejahteraan ekonomi ma­syarakat.

“Data jumlah penerima manfaat, bisa saja bertambah, bisa juga berkurang,” sebutnya.

Irwansyah menambahkan evaluasi keaku­ratan data bansos tersebut sedang diker­jakan. Saat ini pihaknya tengah menyusun teknis dalam pro­ses perbaikan data dimak­sud. [Aidil/rel]

Related posts