Pemko Banda Aceh dan BBPOM perketat pengawasan makanan

Pemko Banda Aceh dan BBPOM perketat pengawasan makanan
(Humas Banda Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman menyampaikan apresiasi kepada Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) yang secara intensif terus melakukan pengawasan terhadap peredaran makanan, obat-obatan maupun kosmetik berbahaya di Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Aminullah pada acara puncak peringatan HUT Badan POM RI ke-17 di Banda Aceh yang digelar di Lapangan Blang Padang, Minggu (25/2).

“Mudah-mudahan dengan melakukan inspeksi berkala diharapkan dapat meminimalisir kemungkinan peredaran makanan, obat-obatan serta kosmetik berbahaya di Banda Aceh. Dan kami siap mendukung dan membantu Balai Besar POM dalam melakukan inspeksi tersebut,” katanya.

Aminullah berharap Balai Besar POM terus menjadi yang terdepan dalam mengawasi berbagai produk makanan kemasan yang beredar, baik di supermarket maupun di toko-toko biasa, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

“Bersama BBPOM, Pemko Banda Aceh juga akan memperketat pengawasan makanan atau jajanan yang terdapat di luar maupun di dalam pekarangan sekolah, untuk memastikan tidak mengandung bahan yang berbahaya,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Aminullah juga mengajak seluruh warga kota agar dapat menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih, membeli dan menggunakan obat dan makanan, sehingga bisa mengurangi makanan dan obat yang berisiko untuk keluarga.

“Secara umum yang kita ketahui, untuk makanan yang paling banyak ditemukan ialah penggunaan zat pengawet seperti formalin, borax maupun zat pewarna non makanan. Sementara untuk obat-obatan juga banyak ditemukan penggunan zat kimia berbahaya, terutama untuk produk-produk kecantikan,” ungkapnya.

Menurut Aminullah, dukungan dari seluruh elemen masyarakat sangat diharapkan dalam meminimalisir risiko penggunaan makanan dan obat berbahaya.

“Paling tidak, masyarakat berani melaporkan sekiranya menemukan obat ataupun makanan serta kosmetik yang mengandung zat berbahaya,” katanya.

Menutup sambutannya, Aminullah mengucapkan selamat HUT ke-17 kepada Badan POM RI, dan terima kasih atas kerjasamanya selama ini dengan melibatkan unsur dari Pemko Banda Aceh dalam setiap melakukan inspeksi ke lapangan. [Aidil/rel]

Related posts