Unsyiah mulai terapkan kuliah e-learning jarak jauh

Unsyiah mulai terapkan kuliah e-learning jarak jauh
Peluncuran e-learning di Gedung Digital Library, Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis (8/3). (Humas Unsyiah)

Yogyakarta (KANALACEH.COM) – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mulai tahun ini menerapkn sistem belajar online e-learning dengan tujuh universitas yang tergabung dalam Program Implementation Unit (PIU) 7 in 1. Sistem ini untuk mempermudah proses pembelajaran jarak jauh sekaligus meningkatkan kualitas perkuliahan.

Sistem ini diluncurkan oleh Prof Intan Ahmad, Ph D selaku Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui video conference di Gedung Digital Library, Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis (8/3).

Selain Unsyiah, sistem ini juga diterapkan di Universitas Sam Ratulangi, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Tanjungpura, Universitas Lambung Mangkurat, Univesitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, dan Unsyiah.

Dalam sambutannya, Intan Ahmad mengatakan saat ini dunia digital di Indonesia semakin berkembang dan sulit untuk diprediksi. Untuk itu, dunia pendidikan harus dapat menyesuaikan diri.

Termasuk, sebutnya, salah satunya menghadirkan sistem yang dapat mempermudah perkuliahan sekaligus meningkatkan proses pendidikan, terutama bagi generasi millennial. Hadirnya sistem e-learning, menurutnya, dapat menghadirkan proses belajar online tanpa harus tatap muka antara dosen dan mahasiswa.

Bahkan, sistem ini memungkinkan para mahasiswa mengambil mata kuliah dari kampus berbeda. Konsep ini menurut Intan telah banyak diterapkan di beberapa negara maju di dunia.

“Mahasiswa bisa mengambil mata kuliah dari kampus lain dan mendapat sertifikat, tetapi tetap harus diperhatikan kualitas kampus yang dituju,” pesan Intan.

Ia berharap penerapan sistem e-learning di tujuh kampus di Indonesia ini dapat menjadi pilot project sehingga dapat diterapkan di kampus lainnya di Indonesia.

Sementara itu Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal, M Eng menyambut baik hadirnya sistem kuliah e-learning. Terlebih lagi, Unsyiah telah menerapkan sistem e-learning sejak tahun 2008.

Pengembangan ini, menurut Samsul dapat menghadirkan kenyamanan dan kemudahan dalam proses belajar mengajar. Ia pun berharap dengan pengembangan ini dapat meningkatkan prestasi mahasiswa sekaligus mendukung aplikasi KRS Online berbasis android yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

“Khusus bagi mahasiswa Unsyiah, sistem e-learning dapat diakses di elearning.unsyiah.ac.id. Sistem ini mencakup beberapa konten akademik seperti teks, slide, tautan, dokumen, grafis, animasi, e-book, audio, video, hingga soal ujian kuis,” kata Samsul. [Aidil/rel]

Related posts