Diduga bawa penyakit, Ayam Thailand di suntik mati

Petugas menyuntik mati ayam selundupan dari Thailand. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ratusan ayam hidup yang ditangkap oleh petugas TNI angkatan laut di perairan Aceh Tamiang, di musnahkan di Stasiun Karantina Pertanian kelas I Banda Aceh, Selasa (20/3).

Awalnya ayam itu diselundupkan dari pelabuhan Satun, Thailand dan dimasukkan dalam kandang berukuran kecil. Ayam itu dimusnahkan segera karena diduga membawa penyakit, yang bisa menular ke unggas lain.

Pemusnahan ayam jantan dan betina itu dengan cara disuntik mati kemudian ditanam. Kepala Stasiun Karantina Pertanian Banda Aceh, Ibrahim mengatakan, berdasarkan pemeriksaan tim medik, unggas itu terkena penyakit Pullorum, penyakit ini hanya menular kepada ayam dan mematikan.

“Yang diserahkan kepada kita 205 ekor, kemudian seiring berjalannya waktu ayam tersebut mati dan sisanya 71 ekor. Yang 71 ekor tersebut kita musnahkan semua pada hari ini,” kata Ibrahim.

Kata dia, ini sebagai pertimbangan bahwa Thailand salah satu negara yang belum bebas dari Flu Burung. Tapi pihaknya belum menemukan indikasi Flu Burung pada unggas tersebut. Hanya saja penyakit mematikan yang dapat menular ke sesama unggas.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Aceh Agus Yulianto mengatakan, unggas tersebut diamankan dari kapal motor (KM) Jaya Abadi I pada Sabtu (3/3) lalu di perairan Ujung Tamiang, Aceh Tamiang.

Ayam ini diamankan dari kapal berbendera Indonesia.  Adapun kronologi penangkapan, kata dia, berawal dari ketiga kapal milik TNI AL jenis KAL II-1-63 Bireun menangkap kapal KM Jaya Abadi I.

Saat diperiksa kapal tersebut menyeludupkan muatan berupa ayam hidup, pakaian jadi, kosmetik, pakan unggas, alat rumah tangga. [Randi]

Related posts