BMKG: barat-selatan Aceh berpotensi hujan pekan ini

Hari ini Aceh Dua kali diguncang gempa, ini analisis BMKG
BMKG

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, sejumlah daerah di bagian Barat dan Selatan Aceh berpotensi hujan sepanjang pekan ini.

“Perlu diwasapadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai angin kencang dan petir,” ucap Prakirawan Blangbintang, Aceh, Anang Heriyanto di Aceh Besar seperti dikutip laman Antara, Selasa (2/4).

Menurutnya, pusat tekanan udara rendah masih berpeluang menjadi bibit badai tropis di bagian Barat dari Samudra Hindia, terutama di atas wilayah Aceh.

Kondisi tersebut kembali memicu gangguan cuaca bertekanan rendah di sebagian besar wilayah Barat dan Selatan di provinsi paling Barat di Indonesia ini.

Seperti diketahui, wilayah Barat dan Selatan di Aceh merupakan daerah non zoom atau tidak mengenal musim baik musim kemarau dan musim hujan.

“Tapaktuan, Suka Makmue, Subulussalam, Singkil, dan Meulaboh, kita minta masyarakatnya meningkatkan kewaspadaan,” katanya.

“Di tambah empat daerah dataran tinggi di Aceh wilayah Tengah yakni Takengon, Simpang Tiga Redelong, Blangkejeren, dan Kutacane pun sama,” tegas Anang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blangbintang, Zakaria tambahkan, dinamika kelautan di Samudra Hindia sangat cepat berubah dan sulit diprediksi.

“Kita telah meminta kepada instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Barat dan Selatan Aceh, agar selalu bersiap siaga walau di musim kemarau,” tuturnya.

Seperti diketahui, banjir dan tanah longsor telah terjadi sebanyak tiga kali dalam sepekan terakhir, yakni pada Kamis, (29/3), lalu Sabtu, (31/3), dan Ahad, (1/4), di Kabupaten Aceh Selatan.

Dilaporkan, dua kecamatan di Aceh Selatan kembali terendam banjir, akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah setempat selama tiga jam pada Ahad (1/4).

Sebelumnya, Sabtu (31/3), terdapat 4.527 jiwa terdampak banjir menerjang lima kecamatan di Aceh Selatan, akibat hujan deras. []

Related posts