Petani minta Distanpan Abdya salurkan bibit kopi

Ilustrasi.

Blangpidie ( KANALACEH.COM ) – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Distanpan Abdya) diminta menyalurkan bibit kopi dan berbagai bibit lainnya yang disediakan pemerintah tahun ini oleh dinas tersebut.

Permintaan itu disampaikan sejumlah petani di Kecamatan Manggeng dan Tangan-tangan , Jum’at (6/4).

“Kami menginginkan Distanpan Abdya segera menyalurkan bibit kopi. Karena kami ingin menanamnya di lahan yang sudah disiapkan,” kata Supardi, seorang petani di Kawasan Manggeng.

Menurutnya, sebagian tanaman kopi milik masyarakat sekarang sudah tidak berbuah lagi. Bahkan ada yang sudah mati karena diserang hama, sehingga harus diganti dengan tanaman baru.

“Memang sebelumnya Pemkab Abdya melalui Distanpan juga sudah pernah menyalurkan bibit serupa, tapi masih ada juga yang kurang sehingga harus disalurkan kembali,” sambung Iwan, petani lainnya di kawasan Tangan-tangan.

Dikatakan, komoditas kopi juga salah satu dari beberapa komoditas unggulan di kabupaten itu. Sekarang banyak petani yang menanam kopi. Tapi masalahnya petani tidak mampu menyediakan bibit, maka berharap bantuan dari pemerintah. [Jimi Pratama]

Related posts