Petani Abdya rela menyelam untuk selamatkan hasil panen

Para petani desa ujong padang menggunakan rakit untuk mengangkut hasil panen mereka. (Kanal Aceh/Jimi Pratama)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Para petani di Desa Ujong Padang Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya, terpaksa menyelam di areal sawah yang terendam banjir saat melakukan panen, Jum’at (13/4).

Secara bergantian, petani Desa Ujong Padang itu turun ke areal sawahnya yang terendam banjir untuk menyelamatkan tanaman padinya.

Mereka menyelam di sekitar areal sawah yang terendam air setinggi sekitar 1 sampai 1,5 meter. Para petani memotong tanaman padi siap panen dan mengumpulkannya di sebuah rakit kecil.

Tanaman padi panen itu selanjutnya dikumpulkan di pematang sawah yang kondisinya tidak terendam banjir.

“Ada sekitar 8 hektar lahan sawah saya yang terendam banjir,” kata Nyak Nila, salah seorang petani Desa Ujong Padang, Susoh.

Akibat banjir yang sudah terjadi sejak Kamis sore kemarin, Nyak Nila bersama petani lain di desanya berusaha menyelamatkan tanaman padi mereka, dengan melakukan panen di tengah kondisi banjir.

Meski begitu, para petani yang areal sawahnya terendam banjir pesimis terhadap hasil panen mereka di tengah keadaan banjir itu bisa terjual ke tengkulak atau Bulog.

“Gabahnya pasti akan menghitam dan membusuk, jadi nanti akan sulit dijual,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Abdya Amiruddin menyatakan, ratusan hektar areal persawahan yang tersebar di berbagai daerah Abdya terendam banjir luapan Krueng Susoh. [Jimi Pratama]

Related posts