Internasional Geutanyoe Malaysia siap dampingi pengungsi Rohingya

Pengungsi rohingya di Bireuen. (ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Direktur Internasional Geutanyoe Malaysia mengapresiasi langkah tindakan cepat Pemerintah setempat untuk membantu pengungsi Rohingya yang terdampar beberapa waktu lalu, di Pantai Kuala Raja, Bireuen.

Ke 79 orang yang berhasil diselamatkan, terdiri dari 44 laki-laki, 27 perempuan (1 diantaranya diketahui tengah hamil 7 bulan), tujuh anak laki-laki dan satu anak perempuan. Pemerintah setempat langsung bertindak cepat dengan membawa mereka ke penampungan sementara di  SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) yang berada sekitar 4 km dari lokasi pantai, dan menyalurkan makanan, biskuit, air bersih dan selimut.

Masyarakat setempat juga menunjukkan kepedulian mereka dengan memberikan barang-barang pribadi dan donasi. Pada hari kedua, Tim dari IOM dan UNHCR juga telah sampai di lokasi pengungsian.

Direktur Internasional Geutanyoe Malaysia Liliane Fan,
sangat mengapresiasi tindakan cepat pemerintah setempat, termasuk TNI, Polisi, dan BPBD Bireuen yang telah menunjukkan aksi kemanusiaan dengan memberikan bantuan kepada pengungsi Rohingya yang terdampar.

“Apresiasi sebesar-besarnya juga kepada Nelayan dan Panglima Laot yang telah menyelamatkan mereka,” ujarnya dalam pesan tertulis yang diterima, Minggu (22/4).

Pihaknya juga siap memberikan pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten dalam menangani Pengungsi Rohingya asal Myanmar tersebut. [Rajali Samidan/rel]

Related posts