Ada nasi goreng Kopi di ACF 2018, berani coba ?

Nasi goreng kopi. (Dani Randi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Olahan kopi kini bukan hanya untuk diminum. Namun, kopi yang sudah digiling halus juga diyakini bisa menjadi bumbu bagi makanan. Seperti ditabur pada Nasi Goreng.

Nasi goreng ditemani secangkir kopi hangat sudah biasa jadi andalan dalam daftar menu makanan. Tapi bagaimana jadinya jika nasi goreng dan kopi dicampur jadi satu hidangan yang lezat, seperti Nasi goreng kopi yang ada di salah satu stand makanan di Aceh Kuliner Festival 2018.

Amatan terhadap nasi goreng kopi ini, memang secara sekilas tidak ada bedanya dengan nasi goreng pada umumnya. Terutama dari segi tampilan. Warna nasi goreng terlihat lebih gelap dan terdapat titik hitam yang terbuat dari perpaduan kopi.

Ads

Meski dari tampilan hampir sama, akan tetapi rasanya jelas berbeda. Rasa gurih dengan sedikit campuran rasa pedas dan asin bisa Anda rasakan di lidah. Apalagi, aroma kopi tetap ikut memanjakan lidah Anda.

Di awal memang tidak ada yang istimewa dengan nasi goreng tersebut. Rasa kopi baru akan terasa ketika Anda menyuap nasi ke dalam mulut. Dan sensasi tak biasa dari nasi goreng yang anda ketahui sebelumnya, akan terasa berbeda ketika mengunyah nasi goreng kopi ini.

Pemilik stand nasi Goreng Kopi, Zarial Gegem mengungkapkan, nasi goreng kopi ini sebelumnya sudah ada di luar Aceh. Tapi, ia ingin meracik hal baru dengan khas  ke Aceh-an, sehingga bisa diterima oleh masyarakat luas tanpa menghilangkan aroma kopi Aceh.

Ia memulai racikan itu pada akhir 2017 lalu. Ketika di produksi, ternyata mendapat respon dari pecinta nasi goreng. “Kita kan selalu inovasi menu, seperti mencampur kopi dalam nasi goreng, pas di rasa, enak juga, ini menjadi favorit dan icon di Kafe kita dulu,” katanya kepada saat ditemui di acara Aceh Kuliner Festival 2018, Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu (5/5).

Gegem menjelaskan, biji kopi yang dicampur ialah jenis arabika Gayo. Sebelum dicampur ke dalam nasi goreng, biji kopi tersebut diblender hingga halus. Agar aroma kopinya tetap melekat. Lalu dicampur diakhir ke dalam nasi goreng sebelum matang.

“Biji kopi kita blender langsung sebelum ditabur ke nasi goreng, biar wangi kopinya lebih terasa,” ujarnya. Menurutnya, alasan pemilihan kopi jenis arabika ialah agar lebih aman di lambung.

Untuk satu porsi nasi goreng kopi ini dibandrol cukup terjangkau, yaitu Rp 15 ribu untuk nasi goreng kopi pakai telor dan Rp 20 Ribu jika pakai ayam. Selain itu, ia juga menawarkan berbagai jenis sambal khas Aceh, seperti Asam udeung dan lainnya. Nasi goreng kopi ini bisa segera anda temukan di warung Kedai Kopi Aceh (KKA). [Randi]

Ads